Analisis Pembebanan Dinamis pada Rancangan Desain Rangka Electric Bike Menggunakan Solidworks 2018

Lukman Efendi, Andik Irawan, Dicky Adi Tyagita, Aditya Wahyu Pratama

Abstract


Nilai dari kekuatan dan keamanan suatu rangka kendaraan dapat di tingkatkan dengan menentukan jenis rangka, pemilihan material yang digunakan, serta proses pembuatan dan perakitan. Studi ini melakukan penelitian terhadap rancangan rangka sepeda listrik dengan menggunakan metode simulasi perangkat lunak Solidworks untuk mengetahui kekuatan rangka serta material yang efektif dalam menahan beban yang diberikan. Parameter yang ingin diketahui yaitu nilai tegangan maksimum, nilai defleksi, tegangan ijin serta angka faktor keamanan. Menggunakan perbandingan dua material yaitu Aluminium Alloy 6061-T6 dan Stainless Steel 321 dengan besar beban yang diberikan yakni 950 N, 1050 N, dan 1150 mendapatkan data hasil simulasi yang paling efesien yaitu material Stainless Steel 321 dengan angka tegangan maksimum sebesar 92 Mpa, 103 Mpa, dan 113 Mpa. Nilai defleksi sebesar 0,771 mm, 0,859 mm, dan 0,947 mm. Angka tegangan ijin serta faktor keamanan yang diperoleh dengan perhitungan manual yakni sebesar 117 Mpa ubtuk nilai tegangan ijin dan 2 untuk nilai faktor keamanan.


Keywords


sepeda listrik; tegangan; defleksi; faktor keamanan

References


Abidin, Z., & Rama. B.R. 2015. Analisa Distribusi Tegangan Dan Defleksi Connecting Rod Sepeda Motor 100 Cc menggunakan Metode Elemen Hingga. Jurnal Rekayasa Mesin

Anggraini, R. 2016. Analisia Frekuensi Optimum Pengujian Horizontal Featigue Pada Berbagai Rangka Sepeda Tipe Trekking Dengan Metode Elemen Hingga. Skripsi Jurusan Teknik Material Dan Metalurgi Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Gere¸ J.M., S.P, Timoshenko. 1997. Mekanika Bahan Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Mott, R.L. 2004. Machine Element in Mechanical Design 4th Edition. Pearson Education, New Jersey.

Pahl. 2007. Engineering Design: A Systematic Approach (3rd Edition). Spinger-Verlag, London.

Polmear, I. 2017. Light Alloys Metallurgy of the Light Metals 5th Edition. Elsevier. Ltd, Oxford.

Prasetyo, A.J. 2010. Aplikasi Metode Elemen Hingga (MEH) Pada Struktur Rib Body Angkutan Publik. Skripsi Jurusan Teknik Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret.

Purwanto, I. 2021. Analisa Pembebanan Statis Pada Perancangan Prototipe Sasis Tubular Space Frame Untuk Kendaraan Listrik Menggunakan Solidworks 2016. Skripsi Program Studi Mesin Otomotif Jurusan Teknik Politeknik Negeri Jember.

Rao, Singeresu, S. 2018. The Finite Element Method in Engineering (6th Edition). Butterworth-Heinemann, Oxford.

Salafuddin, H. 2016. Desain Dan Analisis Kekuatan Pada Rangka Kendaraan Jenis Prototype Sesuai Standar Shell Eco Marathon Asia. Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta.

Selleng, K. 2018. Analisis Defleksi Pada Material Baja Ringan Dengan Menggunakan Plat Penguat. Jurnal Mekanikal Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Tadulako.

Shantika, T., Eka, T. F., & Ilham N. 2017. Perancangan Chassis Type Tubular Space Frame untuk Kendaraan Listrik. Jurusan Teknik Mesin, Institut Teknologi Nasional Bandung.

Sugiharto, H. & G.A Subekti. 2019. Modifikasi dan Pengujian Rangka Sepeda Listrik. Jurnal D4 Teknik Manufaktur Program Studi Teknologi rekayasa Manufaktur Politeknik Negeri Bandung.

Sumarsono, D.A., J.M, Valentino, dan W, Nirbito. 2015. Analisis Pembebanan Dinamik Pada Perancangan Bogie Automatic People Mover System (APMS). Jurnal departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Supriatna, A. 2017. Simulasi Beban Statis Pada Rangka Mobil Gokart Listrik TMUG 03 dengan Menggunakan Solidworks 2014. Jurusan Teknik Mesin, Universitas Gunadarma, Depok.

Ullman, D.G. 2010. The Mechanical design Process 4th Edition. McGraw-Hill, New York.

Vega, E. 2020. “Introduction to Structural Analysis Using Solidworks Simulation Tools”.

https://www.goengineer.com. [Diakses pada tanggal 02 Januari 2022 Pukul 23.53 WIB].

Vharsney, D., D, Kumar. 2020. Application and use of different aluminium alloys with respect to workability, strength and welding parameter optimization. Department of Mechanical Engineering, SOET, K R Mangalam University, Gurugram, India

Wesli. 2010. Mekanika Rekayasa. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Wibawa, L.A.N., & K, Diharjo. 2019. Desain, Pemilihan Material, Dan Faktor Keamanan Stasiun Pengisian Gawai Menggunakan Metode Elemen Hingga. Jurnal Teknologi.

Yulianto, N., & R, Winarso. 2012. Analisa Tegangan Pada Rangka Prototype Kendaraan Buge Menggunakan Elemen Hingga. Jurnal Program Studi Mesin Otomotif Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus.




DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v7i2.8571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats