Pemanfaatan Limbah Serbuk Arang Kayu Jati (Tectona Grandis L.F) sebagai Material Brake Pads

Kosjoko Kosjoko, Nely Ana Mufarida

Abstract


Bahan yang terbuat dari asbestos sangat mengganggu kesehatan terutama yang berhubungan dengan paru-paru manusia begitu juga pemerintah juga melarang penggunaan asbestos sebagai bahan rem kendaraan. Bahan yang terbuat dari logam juga mengganggu kesehatan dan suara bising. Tugas utama pada pad adalah untuk menghentikan laju kendaraan dengan halus tanpa menimbulkan guncangan. Perlu adanya indikator-indikator untuk perbaikan sistem pengereman yang tidak mempengaruhi pada kendali kemudi pada saat terjadinya pengereman. Apa yang dimaksud dengan keausan adalah sebagian hilangnya material dari permukaan yang dipengaruhi oleh bahan yang bergesekan. Dari pengujian kekerasan Spesimen brake pads yang diperlakukan pirolisis temperatur 200°C dengan nilai yang tertinggi fraksi volume 50% : 50 % menggunakan alat Shore Durometer = 77 HD, terendah pirolisis fraksi volume 30%:70% = 49 Hard Durometer. Hasil uji keausan yang paling rendah yaitu campuran 50% arang hasil pirolisis dan 50% epoxy : 0.02404 mm3/kg.m, tertinggi fraksi volume 30% : 70% = 0,06598 mm3/kg.m. Pengujian bending tertinggi dengan fraksi volume 40% : 60% sebesar = 24,27 Mpa. Terendah fraksi volume 50% : 50% = 19,52 Mpa.


Keywords


serbuk arang kayu jati; brake pad; epoxy

References


S. Arif, D. Irawan, and M. Jainudin, “Karakteristik Sifat Mekanis Disk Pad Komposit Serbuk Kayu Jati – Polyester,” Semin. Nas. Teknol. dan Rekayasa, pp. 169–176, 2019.

M. N. Pramuko Ilmu Purboputro, “Pembuatan Kampas Rem Menggunakan Variasi Butiran Mesh Terhadap Nilai Tingkat Kekerasan , Keausan Dan Koefisien Gesek,” vol. 21, no. 1, pp. 35–45, 2020.

F. Yudhanto, S. A. Dhewanto, and S. W. Yakti, “Karakterisasi Bahan Kampas Rem Sepeda Motor Dari Komposit Serbuk Kayu Jati,” Quantum Tek. J. Tek. Mesin Terap., vol. 1, no. 1, pp. 19–27, 2019, doi: 10.18196/jqt.010104.

G. Y. Kosjoko, Muhammad A’an Auliq, “Serbuk Kayu Jati (Tectona Grandis L.F) sebagai Bahan Penguat Komposit Brake Pad Sepeda Motor Bermatriks EpoxyJ-Proteksion : Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesin,” vol. 4, no. 13, pp. 1–6, 2020.

Warman, H. Darmadi, Abdillah, and Safitri, “Pengembangan bahan kampas rem tromol ( drum brake pad ) sepeda motor berbahan dasar komposit cangkang dan serat buah kelapa sawit Dengan poliuretan sebagai pengikat,” Reg. Dev. Ind. Heal. Sci. Technol. Art Life, pp. 122–129, 2016.

I. D. . Ary Subagia, I. Adi atmika, N. Suardana, R. GDS, and S. FS, “Pengaruh Temperatur Sinter Terhadap Kekerasan dan Keausan Kampas Rem Berbasis Komposit Hibrida Serbuk Tempurung Kelapa/Alumina/Phenolic Resin,” J. Energi Dan Manufaktur, vol. 11, no. 2, p. 42, 2018, doi: 10.24843/jem.2018.v11.i02.p02.

W. A. Rizal et al., “Pirolisis Limbah Biomassa Serbuk Gergaji Kayu Campuran : Parameter Proses dan Analisis Produk Asap Cair,” J. Ris. Teknol. Ind., vol. 14, no. 2, p. 353, 2020, doi: 10.26578/jrti.v14i2.6606.

R. Waluyo, D. Rahmalina, J. T. Mesin, F. Teknik, and U. Pancasila, “Uji Performasi Disc Brake Sepeda Motor Material Komposit Matriks Aluminium Berpenguat Partikel Keramik,” Uji Performasi Disc Brake Sepeda Mot. Mater. Komposit Matriks Alum. Berpenguat Partikel Keramik, p. 5, 2006.

M. N. A. Endah Ayuningtyas, “Teknik Lingkungan Institut Teknologi Yogyakarta Teknik Lingkungan Universitas Proklamasi 45 Alamat email : endaha25@ity.ac.id Abstrak Characteristic Study Of Pyrolysis Process And Charcoal From Sawdust Briquette With Heating Rate Variations Using Single R,” vol. 19, no. 1, pp. 1–14, 2019.

K. S. Ita Handayani, “Pengaruh Waktu Pirolisis Serbuk Gergaji Kayu,” vol. 8, no. 9, pp. 28–35, 2022.

M. Arman, “Pirolisis Bahan Batubara Dan Serbuk Gergaji,” vol. 03, no. 02, pp. 27–32, 2018.

M. Wijaya, E. Noor, T. Tedja, And G. Pari, “Asap Cair Dari Serbuk Gergaji Kayu Pinus Pyrolysis Temperature Change At Chemical Wood Vinegar Component From Pine Wood Sawdust,” vol. 1, no. 2, pp. 73–77, 2008.

I. Nuhardin, “Kualitas Limbah Serbuk Gergaji Untuk Arang Yang Diperoleh Dengan Metode Pirolisis Lambat Irhamni Nuhardin,” vol. 7, no. 2, pp. 166–173, 2018.

I. T. Herru Santosa Budiono, Eko Surojo, Nurul Muhayat, “Analisis pengujian porositas terhadap hasil post curing komposit kampas rem,” vol. 4, no. 2, pp. 29–35, 2020.

S. Sumiyanto, A. Abdunnaser, and A. N. Fajri, “Analisa Pengujian Gesek, Aus Dan Lentur Pada Kampas Rem Tromol Sepeda Motor,” Bina Tek., vol. 15, no. 1, p. 49, 2019, doi: 10.54378/bt.v15i1.872.

R. Kennedy, E. Surojo, and W. Wisnu Raharjo, “Studi Karakteristik Kampas Rem Kendaraan Penumpang Type Oes (Original Equipment Sparepart) Dan Am (After Market) Pada Dry Dan Wet Sliding,” Mek. Maj. Ilm. Mek., vol. 18, no. 1, pp. 28–34, 2019, doi: 10.20961/mekanika.v18i1.35043.




DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v7i1.8052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats