Pengukuran Gaya pada Pembebanan Statik Chassis Mobil Listrik Prototype Menggunakan Sensor Strain Gauge
Abstract
Kendaraan merupakan alat transportasi yang berfungsi sebagai sarana yang digunakan untuk berpindah lokasi. Bagian penting dari suatu konstruksi kendaraan adalah chassis. Chassis memiliki fungsi sebagai penopang komponen pada suatu kendaraan. Salah satu hal yang dapat diteliti dari chassis yaitu gaya yang terjadi pada chassis. Guna mengetahui gaya yang terjadi pada chassis, dilakukan penelitian mengenai gaya yang terjadi pada chassis akibat pembebanan statik yang terjadi. Penelitian yang dilakukan menggunakan enam strain gauge yang dipasang pada tiga titik, pada masing-masing titik dipasang pada sumbu x dan sumbu y guna mencari gaya yang terjadi pada chassis. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diperoleh nilai gaya terbesar terjadi pada titik dua yaitu masing-masing 289,54 N pada sumbu x dan 178,09 N pada sumbu y dengan beban driver 45 kg dan 323,17 N pada sumbu x dan 246,64 N pada sumbu y dengan beban driver 56 kg.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Badan.Pusat Statistik, "Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis (Unit) 2017-2019," Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2019.
Fauzi, Helmi. Analisis Tegangan Pada Frame Mobil Listrik Sinosi.Menggunakan Metode Elemen Hingga, Jember: Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Jember, 2013.
Momon dan Astuti, Dwi., Strategi penurunan emisi gas buang kendaraan.di kota padang, Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Kebijakan Pembangunan. 15(1): 1-10, 2020.
Saputra, I Nyoman Adi., dkk. Analisis tegangan statik pada rancang frame mobil listrik ganesha sakti (Gaski) menggunakan.software solidworks 2014. JJTM. 6(2): 113-120, 2018.
Fadila, Ary dan Syam, Bustami. Analisis simulasi struktur chassis mobil mesin USU berbahan besi struktur terhadap.beban statik dengan menggunakan perangkat lunak ansys 14.5. Departemen Teknik Mesin, Universitas Sumatera Utara. Jurnal e-Dinamis. 6(2): 70-79, 2013.
Ellianto, Mario Sariski Dwi dan Nurcahyo, Yusuf Eko. Rancang bangun dan simulasi pembebanan statik pada sasis mobil hemat energi kategori prototype. Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material. 4(2): 53-58, 2020.
Wahyudi,dkk. Perbandingan nilai ukur sensor load cell pada.alat penyortir buah otomatis terhadap timbangan manual. Jurnal ELKOMIKA. 5(2): 207-220, 2017.
Ismiarti, dkk. Rancang bangun media pembelajaran elektronika analog untuk memahami fungsi dan karakteristik op-amp LM741. JURTI. 4(2): 108-114, 2020.
Hidayat, Rahmat. Penerapan audio amplifier stereo untuk beban bersama dan bergantian dengan menggunakan saklar ganda sebagai pengatur beban. Jurnal Teknik Elektro. 5(2): 96-101, 2013.
Magga, Ramang. Penggunaan.strain gauge (loadcell) untuk analisa tegangan pada pembebanan statik batang alumunium. Jurnal Mekanikal. 2(1): 138-146, 2011.
Hananto, Farid Samsu. Rancang bangun sensor viskositas menggunakan strain gauge dengan prinsip silinder konsentris. Jurnal Neutrino. 5(2): 87-94, 2013.
Riantiningsih, Melinda Dwi. Analisa akurasi penggunaan strain gauge dan tranducer pada kunci momen. Jurnal Teknik Mesin. 8(2): 64-73, 2019.
Simanjuntak, Imelda U.V., dkk. Penggunaan strain gauge sebagai kendali kursi roda. Jurnal Ilmiah dan Rekayasa. 26(2): 154-169. 2021.
R. Habberman, "Matematical Model Mechanical Vibration, Population Dynamic, and Traffic Flow" United State of America: Prentice-hall, 1998.
Sirait, Ratni. Pengaruh massa terhadap kecepatan dan percepatan berdasarkan hukum ii newton menggunakan linear air track. FISITEK: Jurnal Fisika dan Teknologi. 2(2): 11-17, 2018.
DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v7i1.7718
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats