Pengaruh Jumlah Plug pada High Pressure Heater (HPH ) sebagai Pemanas Awal Air Umpan Boiler PLTU PT X

Putri Sundari, Meryana linda, Beni Kesuma Sigiro

Abstract


High Pressure Heater (HPH) merupakan suatu komponen penukar panas dengan tipe shell and tube yang digunakan untuk memanaskan feed water sebelum masuk ke boiler sehingga mengurangi waktu perebusan saat di boiler. Penelitian ini dilakukan di salah satu PLTU di PT X, yang mana peralatan HPH mengalami kebocoran tube sehingga mempengaruhi proses heat transfer dan mempengaruhi efisiensinya. Salah satu metode pemeliharaan saat terjadinya kebocoran tube yaitu pemberian plug sehingga fluida air umpan yang melewati tube tidak bercampur dengan uap ekstraksi turbin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui batas jumlah plug maksimal yang diizinkan pada HPH sampai HPH dinilai tidak efisien lagi dan perlu dilakukan retubing. Metode pengambilan data dilakukan dengan observasi di lapangan serta wawancara kepada bidang perencanaan dan pengendalian operasi serta central control room (CCR) di PLTU Unit 4, didukung studi kepustakaan untuk melengkapi parameter atau data untuk mendukung hasil penelitian. Tahap awal penelitian ini dilakukan perhitungan besar perpindahan panas pada komponen HPH dengan rumus log mean temperature difference (LMTD) dan hasilnya menunjukkan bahwa besar perpindahan panas maksimum antara uap ekstraksi turbin dengan feed water sebesar 52,72 MW dan perpindahan panas minimumnya sebesar 10,23 MW. Penelitian ini juga melakukan analisis tentang batas jumlah plug maksimal yang diizinkan pada HPH sampai tube HPH tersebut tidak efisien lagi dan perlu dilakukan retubing. Berdasarkan hasil perhitungan, jumlah plug maksimal yang diizinkan yaitu sebesar 60 plug dengan besar heat transfer 9,14 MW atau ± 10% dari desain peralatan atau aktual operasi yang diizinkan.


Keywords


high pressure heater; plug; perpindahan panas; maksimum plug

References


T. J. Masrufaiyah dan Sulistiono, “Analisa Pengaruh Jumlah Plug Pada Kondenser terhadap efisiensi dan heat transfer yang hitlang di PLTU Unit 3 dan 4 PT. PJB UP Gresik,” Adv. Opt. Mater., vol. 10, no. 1, pp. 1–9, 2018.

Alfian D.G.C dan Supriyadi D., “Analisis Kinerja High Pressure Heater (HPH) tipe Shell and Tube Heat Exchanger. Journal of Science and Applicative Technology: Vol 2. No.2, Desember,” vol. 2, no. 2, 2018.

A. M. A. L. Reind Junsupratyo, Frans P. Sappu, “Analisis Efisiensi Efektif High Pressure Heater (HPH) tipe Vertikal U Shape di Pembangkit Listrik Tenaga Uap Amurang Unit 1. Jurnal Online Poros Teknik Mesin,” vol. 7, 2017.

M. U. Damayanti and B. U. K. Widodo, “Analisis Termal High Pressure Feedwater Heater di PLTU PT. XYZ,” J. Tek. ITS, vol. 5, no. 2, Feb. 2017, doi: 10.12962/j23373539.v5i2.20063.

I. Poljak, “Thermodynamical Analysis Of High-Pressure Feed Water Heater In Steam Propulsion System During Exploitation,” vol. 68, no. 2, pp. 45–61, 2017.

D. Suradika, “Re-design dan recalculation High Pressure Heater (HPH) 7 PT. PJB UP Paiton pada Zona Desuperheating Menggunakan Analisis Termodinamika dan Perpindahan Panas. Tugas Akhir. Tidak dipublikasikan. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.,” 2011.

Ahmad Budiman, “Analisis Perpindahan Panas dan Efisiensi Efektif High Pressure Heater (HPH) di PLTU Asam-Asam. Teknik Mesin Fakultas Teknik: Universitas Lambung Mangkurat,” 2014.

Sinaga G.G., “Analisis Efektivitas High Pressure Heater pada Unit 4 PLTU PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkit Belawan. Skripsi. Universitas Medan Area,” 2019.

P. A. K. Sadik, L. Hongtan, “Heat Excangers Selestion, Ratiing and Termal Design"Third Edition, CRC Press, Taylor and Francis Group, USA,” 2012.

D. A. Barkah, “Redesign dan Recalculation High Pressure Heater (HPH) 7 PT. PJB UP. Paiton pada Zona Subcooled Menggunakan Analisa Termodinamika dan Perpindahan Panas. Surab aya: Teknik Mesin ITS.,” 2011.

H. N. M. Moran J aind Shapiro, “Termodinamika Teknik Jilid I edisi 4, Penerbit Arlangga, Jakarta.” 1994.

A. Cengel, Y., Heat Transfer- A Practical a Approach, 2nd ed. New York: McGraw-Hill, 2003.

F. P. Incropera and D. P. DeWitt, Fundamentals of Heat and Mass Transfer. 1996.

N. P. Wijanarko, “Re-Design High Pressure Heater ( HHP ) 5 Unit 1 Di PT . PJB . UP Gresik Menggunakan Analisis Termodinamika dan Pepindahan Panas,” p. 5, 2017.

R. S. I. Bizzi, “Studi Perhitungan Alat Penurkar Kalor Tipe Shell and Tube dengan Program Heat Transfer Research Inc. Jurnal Rekayasa Mesin,” vol. 13, no. 1, 2013.




DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v6i2.6675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 J-Proteksion

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats