Optimasi Pengaruh Variasi Jumlah Sudu terhadap Kinerja Turbin Angin Vertikal Tipe Darrieus-H

Dwi Bayu Kristanto, Nely Ana Mufarida, Rohimatush Shofiyah

Abstract


Pemakaian energi fosil menyebabkan semakin berkurangnya jumlah cadangan persediaan minyak bumi mengakibatkan harga dan permintaan minyak yang lebih besar dibandingkan dengan produksi. Indonesia yang berada di wilayah ekuator adalah daerah yang mempunyai sirkulasi angin Hadley, Walker dan lokal. Kondisi ini berpotensi untuk pembangunan Turbin Angin sebagai pemanfaatan energi angin untuk pembangkit listrik yang saat ini masih bergantung pada minyak bumi, Penelitian ini bertujuan untuk mencari efisiensi dan kinerja terbaik turbin angin sumbu vertikal variasi   sudu 3, 4 dan 5, dari bahan PVC board dengan ketebalan 25cm, tinggi sudu 75cm, tinggi tiang 100cm dan generator yang digunakan adalah generator DC 12 volt. dengan pengukuran terhadap putaran poros, arus dan tegangan keluaran generator. Data hasil penelitian paling tinggi didapat pada turbin angin dengan variasi 3 Sudu, pada kecepatan angin 6 m/s yang menghasilkan Daya Generator 2,38 Watt dan Putaran Poros 120 Rpm.


Keywords


energi angin, turbin angin vertikal, variasi sudu

References


A. Abidin, “Strategi Pengembangan Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso Berbasis Energi Minihidro,” vol. 5, no. 1, pp. 6–15, 2021.

Suprapto M. Analisis Turbin Angin Sumbu Vertikal Dengan 4, 6 Dan 8 Sudu. 2016.

Widiyanto P, Arif M, Prawidyasari D, Faraby H, Hardianto T. Potensi Tenaga Angin dengan metode weibull analisis di Pantai Watu Ulo Kabupaten Jember. Siniregi 3. Jember. 2018.

Parmaputra. 2015. Aplikasi Energi Terbarukan Melalui Pengukuran Potensi Angin dengan Metode Analisis Weibull pada Pantai Puger Jember. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Jember.

Razak A, dkk. pengaruh sudut sudu terhadap kinerja turbin angin sumbu horizontal. Jurusan Teknik Mesin, Universitas Pancasila. 2018.

Ismail. Optimasi Perancangan Turbin Angin Vertikal Tipe Darrieus Untuk Penerangan Di Jalan Tol. Jurusan Teknik Mesin, Universitas Pancasila. 2017.




DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v6i1.5312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 J-Proteksion

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats