Pengaruh Prosentase Infill pada Proses 3D Printing FDM terhadap Sifat Mekanik

Rochmad Eko Prasetyaning Utomo, Agung Fauzi Hanafi, Asmar Finali

Abstract


Mesin pencetak 3D merupakan salah satu perangkat yang dapat digunakan sebagai printer untuk berbagai produk tiga dimensi. Dibandingkan dengan teknologi lain, teknologi ini paling mudah untuk mencapai pencetakan 3D dan termasuk teknologi yang paling populer. Komponen atau produk yang dihasilkan mungkin tidak memiliki sifat mekanik yang lebih baik daripada proses lainnya. Oleh karena itu, perlu penelitian untuk mengoptimalkan printer 3D. Parameter ini meliputi penggunaan jenis printer, ukuran dan kapasitas yang akan dicetak, perangkat lunak pencetakan produk 3D dan berbagai perubahan dalam kecepatan proses, infill, jumlah lapisan, ketebalan dan suhu kerja. Pada penelitian ini akan dilakukan pengamatan terhadap pengaruh presentasi infill material terhadap kekuatan material. Berdasarkan hasil pengamatan didapatkan bahwa produk yang dihasilkan dari proses pencetakan tiga dimensi dilakukan pada suhu ekstruder 215°C dan suhu hot bed 60°C dengan infill 100%  memiliki kekuatan tarik tertinggi, dengan nilai kekuatan tarik sebesar 27,89 N/mm2. Kesimpulan yang diperoleh bahwa produk ini memiliki sifat mekanik yang paling tinggi di antara produk lainnya.  


Keywords


Infill, 3D printing, PLA+, sifat mekanik, FDM, filamen.

References


Chua C. K., Leomg K. F., Lim C. S.. “Rapid Prototyping : Principle and Application, 2nd Ed.”. World Scintific : Singapore. 2003

Pambudi, Arif I., ‘Analisis Pengaruh Internal Geometri Terhadap Sifat Mekanik Material Polylactic Acid (PLA) Dipreparasi Menggunakan 3D Printing’ Tugas Akhir. Fakultas Teknologi Industri. Institut Teknologi Sepuluh Nopember: Surabaya. 2017.

Kwatwani, J and Vineet Srivastava. ‘Effect of Process Parameters on Mechanical Properties of Solidified PLA Parts Fabricated by 3D Printing Process’. Springer Nature Singapore Pte Ltd. pp. 95-104. 2019.

Setiawan, Andik A., Bayu Wiro K. dan Nurvita A., ‘Optimasi Parameter 3D Printing Terhadap Keakuratan Dimensi dan Kekasaran Permukaan Produk Menggunakan Metode Taguchi Grey Relational Analysis’, Proceedings Conference on Design Manufacture Engineering and its Application, pp. 165-168. 2018.

ASTM D638-14. Standard Test Method for Tensile Properties of Plastics. ASTM International. West Conshohocken, PA. 2014.




DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v6i1.4337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 J-Proteksion

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats