Analisa Performa Gasifikasi Downdraft dengan Perbandingan antara Bodi Utama dan Cekikan Venturi Sebesar 3 : 1

I G.N.A. Satria Prasetya D. Y., Made Sucipta, I.N. Suprapta Winaya

Abstract


Proses gasifikasi merupakan proses pemanfaatan biomassa dengan cara mengubah energi dari bahan baku padat (biomassa) menjadi gas sintesis (syngas), yang selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan bakar. Contoh gasifikasi yang telah dikembangkan adalah sistem downdraft. Proses gasifikasi memiliki beberapa faktor yang mempengaruhi proses dan kandungan syngas yang dihasilkan yaitu karakteristik biomassa, desain gasifier, jenis agen gasifikasi dan perbandingan udara-bahan bakar. Pada penelitian ini dirancang sebuah reaktor gasifikasi, sistem menggunakan pipa baja hitam berdiameter 6 inchi pada main body dan 2 inchi pada cekikan venturi, dengan tinggi 1 meter. Menggunakan 2 liter, 4 liter, dan 6 liter per menit untuk laju aliran agen gasifikasi oksigen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laju aliran oksigen yang diberikan berbanding terbalik dengan lamanya proses gasifikasi, yang mana proses gasifikasi tercepat terjadi pada laju aliran oksigen 6 lpm (liter per menit), dan proses gasifikasi terlama terjadi pada 2 oksigen. Distribusi suhu di setiap zona selama proses gasifikasi memiliki suhu tertinggi pada laju aliran oksigen 6, kemudian 4 lpm, dan ketika laju aliran oksigen adalah 2 lpm, suhu paling rendah. Pada laju alir oksigen 4 lpm terjadi efisiensi terbaik sebesar 34,85%. Efisiensi dipengaruhi oleh kandungan gas CO, CH4 dan H2. Selain itu, efisiensi juga dipengaruhi oleh lamanya syngas yang tersedia (continuous combustion) selama proses gasifikasi, karena semakin lama pemanfaatannya maka semakin banyak syngas yang akan dihasilkan.


Keywords


gasifikasi; downdraft; agen gasifikasi oksigen; variasi laju aliran oksigen; efisiensi gasifikasi

References


I W. Slamet, “Tugas Akhir Perfomansi Reaktor Downdraft dengan Variasi Biomassa Sekam Padi dan Serbuk Kayu”, Universitas Udayana, 2012.

H. Ade, “Karakterisasi Proses Gasifikasi Biomassa pada Reaktor Downdraft Sistem Batch dengan Variasi Air-Fuel Ratio (AFR) dan Ukuran Biomassa”, Universitas Gajah Mada, 2013.

A. Wusana W., “Perancangan dan Uji-Kinerja Reaktor Gasifikasi Reaktor Gasifikasi Skala Kecil”, Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, UNS, 2010.

Jean and B. Pierre, “Biomass Gasification”, Chemistry Processes and Applications, Nova Science Publisher,Inc., New York, 2009.




DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v5i1.4323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 J-Proteksion

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats