Analisis Variasi Pattern 3D Printing terhadap Kekuatan Tarik

Asmar Finali, Agung Fauzi Hanafi, Rochmad Eko P.U.

Abstract


Perangkat 3D Printer yang berfungsi sebagai pencetak macam-macam produk. Dibandingkan dengan teknologi yang lain, teknologi 3D printer paling mudah untuk mencapai pencetakan bentuk bervolume dan saat ini termasuk teknologi yang cukup populer. Namun, sifat mekanis dari produk yang dihasilkan kemungkinan tidak lebih baik dari proses pencetakan lainnya. Oleh karena itu, perlu banyak penelitian untuk mengurangi kelemahan teknologi printing 3D yang bertujuan untuk menemukan parameter terbaik. Parameter ini meliputi penggunaan jenis printer, suhu, jenis filamen, persentase pengisi, perangkat lunak pencetakan produk 3D dan bentuk pola (pattern) yang digunakan. Jenis filamen yang umum digunakan adalah ABS, PLA dan PETG. Untuk jenis PLA+ paling mudah diaplikasikan karena karakteristik yang stabil. Sedangkan pattern yang bisa diaplikasikan produk 3D printing adalah rectalinier, grid, triangular, wiggle dan honeycomb. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan bahwa produk yang dihasilkan dari proses pencetakan tiga dimensi yang dilakukan pada variasi pola rectilinier, triangular, honeycomb. Hasilnya kekuatan tarik tertinggi dimiliki spesimen dengan pola triangular, dengan nilai rata-rata kekuatan tarik sebesar 29,01 N/mm2, dengan standar spesimen uji tarik D638.


Keywords


pola; 3D printing, PLA+; sifat mekanik

References


Chua C. K., Leomg K. F., Lim C. S.. “Rapid Prototyping : Principle and Application, 2nd Ed.”. World Scintific : Singapore. 2003.

Kwatwani, J and Vineet Srivastava. ‘Effect of Process Parameters on Mechanical Properties of Solidified PLA Parts Fabricated by 3D Printing Process’. Springer Nature Singapore Pte Ltd. pp. 95-104. 2019.

Setiawan, Andik A., Bayu Wiro K. dan Nurvita A., ‘Optimasi Parameter 3D Printing Terhadap Keakuratan Dimensi dan Kekasaran Permukaan Produk Menggunakan Metode Taguchi Grey Relational Analysis’, Proceedings Conference on Design Manufacture Engineering and its Application, pp. 165-168. 2018.

Pambudi, Arif I., ‘Analisis Pengaruh Internal Geometri Terhadap Sifat Mekanik Material Polylactic Acid (PLA) Dipreparasi Menggunakan 3D Printing’ Tugas Akhir. Fakultas Teknologi Industri. Institut Teknologi Sepuluh Nopember: Surabaya. 2017.

ASTM D638-14. Standard Test Method for Tensile Properties of Plastics. ASTM International. West Conshohocken, PA. 2014.




DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v5i1.4320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 J-Proteksion

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats