ANALISIS RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) PADA MESIN HYDRAULIC PRESS PLATE MACHINE 1000 TON (Studi Kasus PT. X)

Mohammad Amarrudin Firmansyah, Nurhali Nurhalim

Abstract


Penelitian ini dilakukan dalam upaya untuk menentukan kebijakan perawatan yang optimal dengan menggunakan metode RCM dan menetapkan biaya yang harus di keluarkan untuk perawatan mesin hydrolic press plate machine 1000 ton. Manfaat penelitian ini adalah dapat menjadi sumber informasi bagi industri yang akan melakukan perawatan dengan metode RCM. Dalam metodologi penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan RCM. Hasil penelitian ini berupa tahapan untuk menentukan tindakan perawatan yang optimal pada mesin hydrolic press plate machine 1000 ton berdasarkan reliability centered maintenance (RCM) dengan membuat hirarki fungsi sistemĀ  dan analisis fungsi sistem serta kegagalan sistem, selanjutnya melakukan analisis FMEA diperoleh 2 komponen kritis v-packing dan kontaktor dengan nilai RPN 126 untuk v-packing dan 120 untuk kontaktor. Kemudian menghitung analisis keandalan untuk menghitung MTBF dan MTTR yang masing-masing mendapat nilai 1.742 untuk MTBF dan 31,66 untuk MTTR.


Keywords


RCM, FMEA, RPN, MTBF, MTTR.

Full Text:

PDF PDF

References


Jusolihun, Nana. 2019. Perancangan sistem perawatan Mesin Air Jet Loom (AJL) dengan Menggunakan Reliability Centered Maintenance (RCM). Tugas Akhir Teknik Mesin. Universitas Islam Indonesia.

Adam, Tommy 2019. Perencanaan Perawatan Mesin Thicknesser dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) Dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Tugas Akhir. Universitas Muhammadiyah Malang.




DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v4i2.3144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 J-Proteksion

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats