PENGARUH MATERIAL SINGLE ROW DEEP GROOVE BALL BEARING TERHADAP ROLLING RESISTANCE

Agung Cahyo Rahardo, FX Kristianta, Robertoes Koekoeh Koentjoro Wibowo

Abstract


Selain kendaraan yang ditawarkan harus aman, nyaman, dan efisien, dibutuhkan kendaraan masa depan yang ramah lingkungan dan tidak menghasilkan polusi karena efek gas buang. Efisiensi merupakan aspek yang perlu dikembangkan. Rolling resistence pada bantalan adalah tahanan terhadap elemen rolling yang bekerja pada bantalan karena adanya gesekan antara dua permukaan yang berputar atau menggelinding. Tahanan gelinding (rolling resistance) merupakan segala gaya-gaya luar yang berlawanan arah dengan arah gerak gerakan yang sedang berjalan. Tahanan gelinding (rolling resistance) bisa disebut juga sebagai besarnya tenaga tarik yang dibutukan untuk menggerakkan tiap ton kendaraan. Pada dasarnya Rolling resistance adalah momen yang digunakan elemen rolling pada bantalan untuk melawan arah gerakan, setara dengan yang dibutuhkan untuk menggerakkan bantalan. Penelitian ini difokuskan kepada variasi jenis material single row deep groove ball bearing terhadap rolling resistance. Penelitian ini dilakukan menggunkan metode eksperimental. Terdapat pengaruh jenis material yang terkandung dalam bearing hybrid dan ceramic terhadap nilai rolling resistance. Antara lain material cage, ball bearing yang mempunyai sifat mekanis. Jenis material hybrid memiliki nilai rolling resistance lebih kecil dari jenis material full ceramic sebesar 0,7110 N. Dalam hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin kecil beban dan putaran maka akan semakin rendah nilai rolling resistance. Jenis material bearing hybrid memiliki nilai rolling resistance yang lebih rendah dari bearing full ceramic. hal ini disebabkan oleh pengaruh sifat material yang terkandung dalam material bearing.


Keywords


Ball bearing; rolling resistance

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat, 2015. Konsumsi BBM Nasional per Tahun 2006-2015. Jakarta Pusat: Badan Pusat Statistik.

Juhala, M. M 2014. Improving Vehicle Rolling Resistance and Aerodynamic. Finland: Woodhead Publishing Limited. Science Direct. (2014): 462 – 475

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 61 tahun 2011. Rencana Aksi Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca. 20 September 2011. Jakarta.

Purnomo, S. J. Pratama, B. Hakim, L. N. 2017. Uji Eksperimental Kinerja Mobil Listrik. Prosiding SNATIF. 25 Juli 2017. SNATIF: 679-686.




DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v3i1.2278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 J-Proteksion

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats