PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI BAHAN BAKAR PERTAMAX, PERTALITE DAN PREMIUM TERHADAP PERFORMA MESIN MOTOR INJECTION 115 CC TAHUN 2013

Yasirul Khoiri, Nely Ana Mufarida, Kosjoko Kosjoko

Abstract


Saat ini semakin banyaknya jenis kendaraan umum seperti sepeda motor membuat pengendara dapat memilih alternatif jenis bahan bakar pertamina untuk motor bensin antara lain premium, pertalite dan pertamax. Performa mesin motor dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah jenis bahan bakar yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan performa motor terhadap penggunaan variasi bahan bakar bakar premium, pertalite dan pertamax dengan melakukan pengujian daya dan torsi. Pengujian masing-masing jenis bahan bakar diuji pada mesin motor injeksi 115 cc tahun 2013 dengan menggunakan dynotest, yang terhubung dengan komputer. pada komputer akan mencatat grafik hasil perubahan daya dan torsi dari masing-masing jenis pengujian bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan torsi maksimum pada pertamax sebesar 9,86 N.m pada putaran mesin 3500 rpm dan torsi maksimum pada pertalite yaitu 9,91 N.m pada putaran mesin 3500 rpm. Sedangkan torsi tertinggi yang dihasilkan pada premium sebesar 9,67 N.m pada putaran mesin 3000 rpm. Sedangkan daya maksimum yang dihasilkan oleh premium, pertalite dan pertamax diuputaran mesin yang sama yaitu 7000 rpm untuk premium daya tertinggi sebesar 9,3 hp dan pertalite daya maksimum yang dihasilkan yaitu sebesar 9,3 hp. Sedangkan daya tertinggi yang dihasilkan pertamax sebesar 9,4 hp.


Keywords


Daya; Torsi; premium; pertalite; pertamax

Full Text:

PDF

References


Arismunandar, Wiranto. (2005). Penggerak Mula Motor Bakar Torak. Penerbit ITB : Bandung

Hartono. T. (2011). Penggunaan bahan bakar premium, pertamax plus pada mesin motor Honda Supra X 100cc. Surakarta : Tugas Akhir Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Haryono, G. (1997). Mengenal Motor Bakar. PT. Pabelan : Solo.

Kristanto, P. (2015). “Motor Bakar Torak Teori dan Aplikasi”. Andi Offset.

Muhammad, T. I.. (2014). Part-load performance and emissions of a spark ignition engine fueled with RON95 and RON97 gasoline: Technical viewpoint on Malaysia’s fuel price debate. Energy convertion and management 88, 928 935.

Muklisanto. (2003). Pengaruh Variasi CampuranPremium Etanol Pada Variasi Rasio Mainjet Terhadap Kinerja Mesin Empat Langkah 110cc. Surakarta : Tugas Akhir Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purnomo, T. B. (2013). Perbedaan performa motor berbahan bakar premium 88 dan motor berbahan bakar pertamax 92. Teknik mesin. Universitas negeri semarang. Semarang.

Surbhakty, 1978. Motor Bakar. Diktat Pendidikan Menengah Teknologi: Jakarta

Sururi E., & waluyo, B. (2012). Kaji Eksperimental perbandingan penggunaan premium dan pertamax terhadap unjuk kerja mesin pada sepeda motor Suzuki Thunder tipe EN-125. Teknik mesin. Universitas Muhammadiyah Magelang.




DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v3i2.2249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 J-Proteksion

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats