PENGARUH VARIASI KECEPATAN MOTOR PADA MESIN PENGHALUS PERMUKAAN TIPE DISC DAN BELT TERHADAP TINGKAT KEKASARAN PERMUKAAN BENDA KERJA

Moh Hasan Noval, Nely Ana Mufarida, Asmar Finali

Abstract


Amplas atau disebut kertas pasir yaitu sejenis kertas yang digunakan untuk membuat permukaan benda-benda menjadi lebih halus. Mesin penghalus otomatis dibuat untuk mengedepankan keunggulan tingkat akurasi dan presisi yang lebih tinggi sehingga mempermudah hasil yang diperoleh. Spesifikasi dari alat tersebut adalah dengan menggunakan driver motor AC untuk mengatur kecepatan putaran motor AC (dynamo). Untuk bahan pengujian menggunakan 9 kubus kayu berukuran sisi 30 mm. Pengujian dilakukan untuk mengetahui tingkat kekasaran permukaan benda kerja pada masing-masing kecepatan 1100 RPM, 1300 RPM dan 1500 RPM. Selanjutnya akan dicari nilai rata-rata dari setiap kecepatan putaran motor yang berbeda-beda untuk mengetahui besar dari nilai kekasaran dan keausan pada benda kerja. Nilai kecepatan putaran diukur menggunakan Tachometer sedangkan output tegangan listrik diukur menggunakan AVO meter digital. Setelah diukur data akan ditulis untuk mengetahui variasi kecepatan putaran motor yang diatur menggunakan driver motor.


Keywords


driver motor AC; motor AC; kekasaran permukaan benda kerja

Full Text:

PDF

References


Sofwan, A.(2004). Sistem Pengendalian Kecepatan Putaran Phasa Satu Menggunakan Mikrokotroller AT89S8252. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Kristianto, Agung. (2012). Perancangan Ulang Mesin Amplas Kayu Profil Lengkung Untuk Perbaikan Posisi Kerja Dan Peningkatan Produktivitas. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Hardiati, Sri.(2009). Pengendali Kecepatan Motor Induksi 3-Phase Pada Aplikasi Industri Plastik. Jakarta: Pusat Penelitian Elektronika Dan Telekomunikasi - LIPI.

Adhi, Dianasa Saputra. (2009). Perancangan Meja Dan Kursi Kerja Yang Ergonomis Pada Stasiun Kerja Pemotongan KerupukSebagai Upaya Peningkatan Produktivitas. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Gumanto. (2009). Perancangan Meja Gergaji Untuk Meminimalkan Kelelahan Operator. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.




DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v2i2.2227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 J-Proteksion

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats