PERBANDINGAN CDI STANDAR DAN CDI VARIASI TERHADAP PERFORMA MOTOR 4 TAK 100 CC

Ikhfan Tri Wahyulianto Putra, Nely Ana Mufarida, Asmar Finali

Abstract


Motor bakar torak bensin merupakan mesin pembangkit tenaga yang mengubah bahan bakar bensin menjadi tenaga panas dan akhirnya menjadi tenaga mekanik. Pada saat awal sepeda motor mulai diproduksi sistem pengapian pada motor bensin menggunakan sistem pengapian konvensional (platina). Sistem pengapian sepeda motor sekarang kebanyakan menggunakan system pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignation) yang memiliki karakteristik lebih baik di bandingkan dengan system pengapian konvensional.Sistem pengapian merupakan sistem yang sangat penting pada speda motor. Metode eksperimental adalah metode yang digunakan untuk menguji pengaruh dari suatu perlakuan atau desain baru dengan cara membandingkan desain tersebut dengan desain tanpa perlakuan sebagai kontrol atau pembanding.melakukan pengambilan data torsi dan daya dan pengaruh bahan bakar terhadap performa motor 4 tak 100 cc tersebut dilakukan dengan proses dial Test.


Keywords


Performa CDI; Daya; Torsi; Konsumsi Bahan Bakar.

Full Text:

PDF

References


Arismunandar, wiranto. 1980. Penggerak mula motor bakar torak.bamdung.

Fadoli, mustaqim, zulhan. 2011. Analisa perbandingan daya dan komsumsi bahan bakar antara pengapian standart dengan pengapian menggunakan booster mesin Toyota kijang seri 7k. universitas panca sakti tegal.

Fitri, wjayanti dan Dadan Irwan. 2014 hal: 34 dalam M. Taufik 2016. Pengaruh Diameter Intake Valve Terhadap Unjuk Kerja Mesin Bensin Empat Langkah. Malang: Universitas Brawijaya.

Hidayat, 2012. Prinsip kerja dari motor bensin.

Haryono, 1997. Bunga api pada busi berasal arus listrik tegangan tinggi dimana arus ini mengalir pada waktu tertentu.

Jama, Jalius dan Wagino. 2008. Teknik Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Pieter W.Tetelepta, 2014 analisis modifikasi volume silinder terhadap torsi, daya, dan komsumsi bahan bakar kendaraan bermotor roda dua universitas patimura.

Pulkrabek, 2004, Fergueson, 1986 Heywood 1988. Dalam FX sukidjo 2011 performa mesin motor 4 langkah




DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v2i2.2225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 J-Proteksion

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats