PENGARUH VARIASI LUBANG PIRINGAN CAKRAM TERHADAP PELEPASAN PANAS PADA MOTOR MATIC 110 CC

Harum Tri Wahyudi, Nely Ana Mufarida, Kosjoko Kosjoko

Abstract


Perkembangan sistem rem sepeda motor adalah adanya teknologi sistem rem cakram. Rem cakram merupakan pengembangan sistem rem tromol yang ada sebelumnya, dan banyak perbedaan antara jenis tersebut. Rem cakram sangat memudahkan bagi penggunanya dikarenakan kontruksi lebih sederhana dan lebih mudah perawatanya. Rem cakram pada dasarnya terdiri dari 3 komponen utama yaitu Piringan (Cakram), Kampas Rem dan, Caliper. Cakram adalah sebuah piringan logam yang cukup tipis dan digunakan untuk proses pengereman kendaraan. Hal ini dilakukan dengan memberikan gaya gesek pada bagian cakram tersebut.. Pada penelitian ini akan diambil data perbandingan antara piringan cakram dengan jumlah lubang 30; 36 dan 40. Dimana data tersebut meliputi kecepatan sepeda motor, beban pengereman, jarak tempuh,dan panas pada piringan. Metode pengukuran panas pada piringan dengan menggunakan thermometer yang pertama, dimulainya kecepatan 60 km/jam dengan jarak 2km,dan dengan beban yang telah ditentukan sampai sepeda motor berhenti.dengan jumlah lubang 40, pelepasan panas pada piringan ini lebih cepat dan maksimal disbanding dengan piringan cakram dengan jumlah lubang 30 dan 36. Pada temperatur awal ditemukan suhu rata-rata 25,13 ºC dan pada temperatur panas menunjukan rata-rata pada 30,57 ºC dan untuk rata-rata pelepasan panas pada piringan dengan jumlah lubang 40 ditemukan 5,24 menit.
Kata kunci : Piringan cakram, pelepasan panas.


Keywords


Piringan cakram; pelepasan panas;

Full Text:

PDF

References


Dewanto joni dan wijaya Andreas. (2010). Sistem Pendingin Paksa Anti Panas Lebih (Over Heating) pada Rem Cakram (Disk Brake) Kendaraan, JURNAL TEKNIK MESIN Vol. 12, No. 2.

Dzikrullah Afrizal Annas, Qomaruddin, Khabib Masruki. (2017).Analisa Gesekan Pengereman Hidrolis (Rem Cakram) Dan Tromol Pada Kendaraan Roda Empat Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga.Universitas Muria Kudus Gondangmanis.

Multazam Ahmad, Zainuri Achmad, Sujita. (2012). Analisa Pengaruh Variasi Merek Kampas Rem Tromol Dan Kecepatan Sepeda Motor Honda Supra X125 Terhadap Keausan Kampas Rem. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mataram.

Rochmad, (2015), “Analisis Gaya Pengereman Pada Mobil Nasional Mini Truck” Jurnal, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Welianto Andre, (2010). “Pengaruh Keausan Brake Pad Terhadap Waktu Pengereman Pada Pengujian Stationer”, Jurusan Teknik Mesin Univesitas Kristen Petra, Surabaya.

Siahaan Hardianto Ian, (2015). “Kinerja Rem Tromol Terhadap Kinerja Rem Cakram Pada Kendaraan Roda Dua Pada Pengujian Stasioner”. Jurnal, Teknik Mesin Universitas Kristen Petra Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v2i2.2224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 J-Proteksion

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats