PENGARUH UNJUK KERJA (STROKE UP) TERHADAP PERFORMA MESIN PADA MOTOR 4 LANGKAH YANG MENGGUNAKAN VARIASI (CRANKSHAFT CG200)

Ariyanto Ariyanto, Nely Ana Mufarida, Kosjoko Kosjoko

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan daya, torsi dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan sepeda motor yang divariasi dengan poros engkol (Crankshaft) standar dan poros engkol (Crankshaft) CG200 yang menggunakan bahan bakar pertamax. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dilakukan pada sepeda motor 4 langkah 160 CC. Data hasil penelitian dianalisa dengan cara mengamati secara langsung hasil eksperimen kemudian menyimpulkan dan menentukan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam bentuk grafik dan tabel. Pada pengujian ini digunakan alat dynamometer untuk mengetahui daya dan torsi yang dihasilkan, sedangkan untuk pengujian laju konsumsi bahan bakar menggunakan alat buret ukur, kemudian dilakukan perhitungan konsumsi bahan bakar. Perbedaan daya sekitar 49,7 %, dihasilkan oleh poros engkol (Crankshaft) standard yang di ambil rata-rata sekitar 9,7 HP dan pada poros engkol (Crankshaft) CG200 yaitu 19,3 HP. Perbedaan torsi sekitar 46,5 %, dihasilkan oleh poros engkol (Crankshaft) standard yang di ambil rata-rata sekitar 10,5 Nm dan pada poros engkol (Crankshaft) CG200 yaitu 19,65Nm. konsumsi bahan bakar terendah diperoleh pada motor yang menggunakan poros engkol (crankshaft) CG200 yaitu sebesar 1,2 liter/jam, sedangkan konsumsi bahan bakar terbesar didapat pada penggunaan poros engkol (crankshaft) standar yaitu sebesar 1,5 liter/jam. Perbedaan daya dan torsi yang dihasilkan lebih maksimal karena perbedaan panjang langkah dari poros engkol yang membuat rasio kompresi semakin tinggi.

Keywords


Motor 4 langkah; Variasi Crankshaft; Motor Bakar;

Full Text:

PDF

References


Dahayu, (2016). Onine https://ratmotorsport.co/2009/ 02/18/rasio-kompresi-dan-tenaga/ . (Diakses pada tanggal 24 mei 2017).

Irawan Andik, (2015). “Karakteristik Motor Bensin 4Langkah dengan Variasi Folume Silinder dan Perbandingan Kompresi”. jurnal Jurnal Ilmiah INOVASI, Vol. 15 No. 1 Hal. 47 – 51, Januari – April 2015, ISSN 1411 -5549

Fauzi, (2015). Online https://eduengineering.wordpress. com/2015/01/10/prinsip-kerja-motor-bakar-dan komponennya/ . (Diakses pada tanggal 24 mei 2017).

M.Nugroho huda khoirul, (2016) . ”Pengaruh Stroke Up terhadap Performa Mesin pada Sepeda Motor 4 Langkah yang Menggunakan Bahan Bakar Pertamax, Pertamax Plus dan Bensol”. Skripsi. Semarang: FT Universitas Negeri Semarang.

Mufarida, Nely Ana (2016). “Analisis Prestasi Kerja Motor 4 Tak Dengan Penggunaan Turbo Cyclone”. Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesin. Volume 01, Nomor 01, Agustus 2016 ISSN: 2528-6382.

Wjayanti Fitria dan Irwan Dadan, (2014). “Analisis Pengaruh Bentuk Permukaan Piston Terhadap Motor Mesin”. Jurnal Imiah Teknik Mesin, Vol. 2, No. 1, Februari 2016 , Universitas Islam 45, Bekasi.




DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v2i2.2223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 J-Proteksion

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats