PENGARUH MODIFIKASI LIFT CAMSHAFT TERHADAP PERFORMA MOTOR 4 TAK 100CC

Firmansyah Firmansyah, Nely Ana Mufarida, Ardhi Fathonisyam Putra Nusantara

Abstract


Proses mendapatkan debit aliran udara dan bahan bakar yang maksimal keruang bakar. Maka diperlukan pengaturan yang tepat terhadap valve lift, valve lift duration, dan valve lift timing. Terbukanya katup-katup pada saat pemindahan gerakan dari gerakan kerja ke gerakan menghisap, supaya gas yang telah terbakar dapat keluar seluruhnya, sehingga pemasukan gas baru tidak bercampur dengan gas bekas di dalam silinder. Melalui modifikasi atau desain ulang valve lift maka dapat mengubah tinggi angkatan klep. Penelitian ini memfokuskan perbandingan kinerja performa mesin, jumlah konsumsi bahan bakar pada sepeda motor berkapasitas 100 cc terhadap penggunaan lift camshaft modifikasi dan lift camshaft standar dari sepeda motor berdasarkan variasi lift camshaft. Didapatkan Perhitungan tinggi lift standar maupun tinggi lift modifikasi setelah dilakukan penelitian yaitu In 5,44 mm, Ex 5,54 mm maka dapat kita simpulkan bahwa dengan perubahan tinggi lift yang dilakukan membuktikan bahwa daya bisa naik sedangkan torsi cenderung menurun.

Keywords


Noken as; Lift Camshaft; Motor 4 Tak 100cc; Dynotest

Full Text:

PDF

References


Aditya, G. (2015). Perancangan Dynotest Portable Untuk Sepeda Motor Dengan Sistem Monitoring Menggunakan Modul ISM Frekuensi 2.4Ghz. Bandung: Universitas Telkom.Arends, BPM dan H.Berenschot. 1980.Motor Bensin. Jakarta :Erlangga.

Eri Diniardi. Koos Sardjono. Ahmad Sarifudin. Analisis Sifat Mekanis Antara Noken As Standar Dan Noken As Rekondisi Pada Sepeda Motor.

Murdianto Imam, 2016. Perbedaan peforma (Daya, Torsi, Kosumsi Bahan Bakar) Menggunakan Injektor Standart dan Injektor Racing dengan Bahan Bakar Pertamax dan Pertamax Plus pada sepeda Motor V-Xion

Jama, Jalius dan Wagino. 2008. Teknik Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Sukidjo. 2011. Performa Mesin Sepeda Motor Empat Langkah Berbahan Bakar Premium dan Pertamax.

Teknik-otomotif.com Diakses pada tanggal 11 desember 2018.

Yoyok Drajat Siswanto, Ranto, dan Ngatou Rohman. 2012. Pengaruh Variasi Lobe Separation Angle Camshaft Dan Variasi Putaran Mesin Terhadap Daya Pada Sepeda Motor Honda Supra X 125 Tahun 2008.

Zakaria. Imam. 2014. Pengertian Dan Prinsip Kerja Motor Bakar 2 Tak & 4 Tak.




DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v2i1.2219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 J-Proteksion

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats