ANALISA HASIL PENGELASAN SMAW (SHIELDED METAL ARC WELDING) DAN GTAW (GAS TUNGSTEN ARC WELDING) DENGAN VARIASI MEDIA PENDINGIN TERHADAP KEKERASAN STAINLESS STEEL AISI 304

Yuslih Lakum, Nely Ana Mufarida, Asmar Finali

Abstract


eknologi pengelasan merupakan salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam suatu proses manufaktur karena pengelasan memegang peranan penting dalam setiap rekayasa logam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi media pendingin terhadap nilai kekerasan Stainless Steel AISI 304 hasil pengelasan SMAW dan pengelasan GTAW pada daerah logam induk, logam las dan HAZ. Pada penelitian ini pengelasan yang dilakukan adalah pengelasan SMAW menggunakan elektroda E308-16 Ø 3,2 mm dan GTAW menggunakan elektroda ER308L Ø 3,2 mm pada material Stainless Steel AISI 304 dengan sambungan pengelasan berbentuk kampuh V tunggal dengan sudut kampuh 60° dan variasi media pendingin yang digunakan adalah coolant, oli SAE 40 dan udara. Dari hasil penelitian nilai kekerasan tertinggi pada logam las terdapat pada hasil pengelasan GTAW dengan variasi media pendingin coolant yaitu 130,6 HB dan pada HAZ terdapat pada hasil pengelasan SMAW dengan variasi media pendingin yaitu 137,0 HB, nilai kekerasan terendah pada logam las terdapat pada hasil pengelasan SMAW dengan variasi media pendingin udara yaitu 121,6 HB dan pada HAZ terdapat pada hasil pengelasan GTAW dengan variasi media pendingin udara yaitu 131,0 HB, dan nilai kekerasan pada logam induk hasil pengelasan SMAW dan GTAW dengan variasi media pendingin coolant, oli SAE 40, dan udara memiliki nilai yang konstan yaitu 118,7 HB.

Keywords


pengelasan SMAW; pengelasan GTAW; uji kekerasan Brinell; Stainless Steel AISI 304

Full Text:

PDF

References


Aljufri. 2008. Pengaruh Variasi Sudut Kampuh V Tunggal Dan Kuat Arus Pada Sambungan Logam Dan Aluminium – Mg 5083 Terhadap Kekuatan Tarik Hasil Pengelasan TIG. Tesis. Universitas Sumatra Utara.

Budiyanto, Ari. 2012. Pengaruh Perlakuan Pendinginan Pada Proses Pengelasan SMAW (Shielded Metal Arc Welding) Stainless Steel Austenite AISI 201 Tehadap Uji Komposisi Kimia, Uji Struktur Mikro, Uji kekerasan Dan Uji Tarik. Naskah Publikasi Tenik Mesin. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Halim, Jumain. 2015. Pengaruh Proses Quenching Pada Sambungan Las Shielded Metal Arc Welding (SMAW) Terhadap Kekerasan Impak Struktur Mikro Dan Kekerasan Baja St 37. Skripsi Teknik Mesin. Universitas Sumatra Utara.

Hermawan, Brian. 2012. Pengaruh Posisi Pengelasan Dan Ketebalan Plat Terhadap Sifat Mekanis Dan Struktur Mikro Dari Sambungan Las Dissimilar Metal Stainless Steel 304 Dan Carbon Steel A36. Skripsi Teknik Metalurgi Dan Material. Universitas Indonesia.

Hernawan, Dedi. 2015. Pengaruh Variasi Suhu Proses Anealing Pada Sambungan SMAW Terhadap Ketangguhan Las Baja K945 EMS45. Skripsi Teknik Mesin. Universitas Negeri Semarang.

Parekke, Simon. 2014. Pengaruh Pengelasan Logam Berbeda Baja (AISI 1044) Dengan Baja Tahan Karat (AISI 316L) Terhadap Sifat Mekanis Dan Struktur Mikro. Jurnal Teknik Mesin. Universitas Hasanuddin.

Santoso, Joko. 2006. Pengaruh Arus Pengelasan Terhadap Kekuatan Tarik Dan Ketangguhan Las SMAW Dengan Elektroda E7018. Skripsi Teknik Mesin. Universitas Negeri Malang.

Sari, Dani Mega. 2015. Pengaruh Suhu Preheating Pada Hasil Pengelasan GTAW Terhadap Sifat Fisis Dan Mekanis Stainlesss Steel 304. Skripsi Teknik Mesin. Universitas Negeri Semarang.

Supriyanto. 2012. Kajian Pengaruh Tempering Terhadap Sifat Fisis Dan Mekanis Pengelasan Stainless Steel. Jurnal Tekniok Mesin. Universitas Janabadra Yogyakarta.

Sutowo, Cahya. Pengaruh Hasil Pengelasan GTAW Dan SMAW Pada Plat Baja SA516 Dengan Kampuh V Tunggal. Jurnal Teknik Mesin. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Rochim, Taufik. 1993. Teori Dan Teknologi Prose Pemesinan. Jakarta. Higher Education Development Support (HEDS).

Wirarchi, Dipo, dkk. Analisa Pengaruh Multiple Repair Welding Pada Material Properties Weld Joint Material Pipa ASTM A106 GR.B SCH 80. Jurnal Teknik Kelautan. Institut Teknologi Surabaya.

Wiryosumarto, Harsono Dan Okumura, Toshie. 2000. Teknologi Pengelasan Logam. Jakarta. Pradnya Paramita.




DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v1i2.2199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 J-Proteksion

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats