PENGARUH DIAMETER PORTING POLISH TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH

Moch Taufik, Nely Ana Mufarida, Asmar Finali

Abstract


Kepala silinder dipasang di bagian atas blok silinder, kepala silinder terdapat ruang bakar, mempunyai saluran masuk dan buang. Sebagai tempat pemasangan mekanisme katup. Poros engkol dipasang pada dudukan blok silinder bagian bawah yang diikat dengan bantalan. Dipasang pula dengan batang piston  bersama piston dan kelengkapannya. Sedangkan roda penerus dipasang pada pangkal poros engkol (flens crank shaft). Roda penerus dapat menyimpan tenaga, membawa piston dalam siklus kerja motor, menyeimbangkan putaran dan  mengurangi getaran mekanik mesin. Upaya untuk mengatasi kurangnya daya atau tenaga pada motor bakar 4 langkah salah satunya dengan memodifikasi dimensi intake valve dengan diameter lebih besar dari ukuran standar (porting). Porting merupakan pembentukan ulang pada lubang in dan out agar volume udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar bertambah banyak dan dapat berjalan lancar untuk menghasilkan tenaga motor yang maksimal. Hasil pengujian maupun pembahasan performa motor 4 langkah silinder tunggal  100 cc dengan 5 variasi diameter porting intake dan exhaust (porting variasi 1, porting variasi 2, porting variasi 3, dan porting variasi 4) yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil terbaik terdapat pada porting variasi 2 dengan daya rata-rata sebesar 2,887 HP, torsi rata-rata sebesar 4,804 N.m, tekanan efektif rata-rata mencapai 622,44 kPa, dan sfc terendah mencapai 0,093 kg/HP.jam.

Kata Kunci: Porting Polish, Intake Valve, Daya, Torsi.


Full Text:

PDF

References


Aluminium Federation of Southern Africa. 2004. Arismunandar, W. 2005. Penggerak Mula Motor Bakar Torak. Bandung: ITB.

Irawan, S. Wahyudi, S. Yuliati, L. 2014. Pengaruh Diameter Intake Valve Terhadap Unjuk Kerja Mesin Bensin Empat Langkah. Malang: Universitas Brawijaya.

Pudjanarsa, A. Nursuhud, D. 2013. Mesin Konversi Energi. Yogyakarta: Andi.

PT. Astra Honda Motor. 2001. Buku Pedoman Reparasi Honda Astrea Grand. Jakarta.

PT. Pertamina. 2012. Premium. www.pertamina.com. Diakses 3 April 2015.

Rohman H, N. 2008. Pengaruh Modifikasi Intake Manifold Terhadap Unjuk Kerja Mesin Pada Motor Honda GL PRO. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Sevrinanda, F. Adiwibowo, P.H. 2014. Pengaruh Intake Manifold Modifikasi Dengan Fariasi Sudut Kelengkungan Terhadap Emisis Gas Buang Pada Motor Empat Langkah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Wijayanti, F. Irwan, D. 2014. Analisis Pengaruh Bentuk Permukaan Piston Terhadap Kinerja Motor Bensin. Bekasi: Universitas Islam 45.

Wardoyo. 2015. Swirl Sebagai Alat Pembuat Aliran Turbulen Campuran Bahan Bakar Dan Udara Pada Saluran Intake Manifold Untuk Meningkatkan Kinerja Mesin Bensin Empat Langkah Satu Silinder Pada Sepeda Motor. Yogyakarta:Universitas Proklamasi 45.




DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v1i2.2172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 J-Proteksion

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats