ANALISA TEGANGAN POROS RODA MOBIL LISTRIK DENGAN METODE ELEMEN HINGGA
Abstract
Dalam setiap desain dilakukan harus mempertimbangkan kekuatan bahan.
Kekuatan yang harus diperhatikan mengenai dimensi, bahan, dan struktur benda
kerja. Pada penelitian ini akan dibahas tentang analisa kegagalan poros roda
mobil listrik dari bahan baja ST 42 dengan metode elemen hingga. Metode elemen
hingga adalah metode numerik yang digunakan untuk memecahkan masalah
teknis dan gejala fisis metematis yang termasuk stres, ketegangan, kekuatan,
dan analisis getaran. Metode elemen hingga ini untuk membandingkan antara
perhitungan menggunakan softwareCATIA dan menggunakan perhitungan
manual. Dalam hal ini metode elemen yang terbatas akan digunakan adalah
metode 2D elemen hingga (lapangan) adalah elemen segitiga dengan 3 node.
Dari penelitian ini didapatkan bahwa: stres terbesar dengan tegangan σ = 1,85 x 10
. Dari kegagalan teori MNST: Maksimum Normal-Stres Teori dinyatakan aman,
karena masih dalam batas aman. Tampak bahwa stres terbesar terjadi masih
di bawah tekanan dari bahan itu sendiri memungkinkan. Tegangan maksimum
terjadi pada tengah poros, sedangkan tegangan minimum sebesar 3,4 x10 yang
terletak tepi poros.
Kata kunci: kegagalan, tegangan, poros roda dan elemen hingga
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v1i1.186
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 J-Proteksion
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats