Hubungan Antara Harga Diri Dan Konsep Diri Dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Tahun Ajaran 2017-2018

Sylene Meilita Ayu, Siswoto Hadi Prayitno

Abstract


Proses belajar bagi individu merupakan hal yang sangat penting, melalui belajar individu dapat mengenal dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Prestasi belajar yang baik dapat memberikan kepuasan pribadi, popularitas serta menimbulkan harga diri tinggi dalam pandangan orang lain. Harga diri tinggi bagi mahasiswa membuat cara berpikir lebih kreatif dan bersemangat sehingga dapat berpengaruh pada perilaku positif karena ada perasaan diterima dan dihargai, sebaliknya bila mahasiswa memiliki harga diri rendah prestasi belajar kurang memuaskan. Sedangkan untuk prestasi belajar yang baik diperlukan adanya konsep diri, karena tercapainya prestasi belajar juga dipengaruhi oleh konsep diri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperimental jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester dua Prodi D III Keperawatan, kemudian diambil sebanyak 45 mahasiswa sebagai sampel. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan antara konsep diri dan harga diri dengan prestasi belajar mata ajar Bahasa Inggris mahasiswa semester II Prodi DIII Keperawatan Tahun Ajaran 2017-2018. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda untuk mengukur kekuatan hubungan antar variabel. Hasil analisis didapatkan Adjusted R square = 0.094 yang berarti bahwa pengaruh konsep diri dan harga diri terhadap prestasi belajar sebesar 9.4 % sedangkan 90.6 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Keywords


harga diri; konsep diri; prestasi belajar Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Widodo Supriyanto. 2004. Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Anissa Devy Anggraini. (2016). Konsep diri mahasiswa. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Anne. 2011. Pengertian prestasi belajar menurut para ahli (On line). (http://www.anneahira.com) diakses 06 Februari 2018.

Asy, M., & Assa, S. M. K. (2014). Konsep Diri , Kecerdasan Emosi Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Indonesia, 3(1), 83–89.

Budiawan. (2008). Pengaruh Sikap Bahasa dan Motivasi Belajar Bahasa terhadap Prestasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Siswa SMA se-Bandar Lampung. Universitas Indonesia.

Dinda Ayu Noviariandani, M. L. (2012). Harga diri, efikasi diri, motivasi belajar dan prestasi akademik siswa SMA pada berbagai model pembelajaran. Jurnal Ilmu. Keluarga & Konseling, 5(2).

Efendi, Asep Lukman, Muswardi Rosra, Y. (2013). Hubungan antara konsep diri dalam belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar akademik mahasiswa. Universitas Lampung.

Handayani, A. (2012). Hubungan antara konsep diri dan kematangan emosi dengan penyesuaian diri istri yang tinggal bersama keluarga suami. Jurnal Psikologi Pitutur, 1(1).

Hastuti, D. P. (2009). Hubungan konsep diri dan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar siswa akutansi kelas XI SMK Perguruan Rakyat Jakarta 2008/2009. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Hermayawati. (2010). Analisis kesulitan belajar bahasa inggris mahasiswa. Jurnal Sosio-Humaniora, 1(1), 1–14.

Kamila, I. I. (2013). Perbedaan harga diri ( self esteem ) remaja ditinjau dari keberadaan ayah. Jurnal Psikologi, 9(2).

Liauwrencia, P. F. (2014). Hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa kelas XII IPA @ 2013/2014 SMA Dharma Putra Tangerang. Jurnal Noetic Psychology, 4(1), 62–80.

Margono, A. D. (2014). Hubungan Harga Diri dan Dukungan Teman Sebaya dengan Prestasi Belajar. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Naike, S. B. (2017). Hubungan harga diri dengan prestasi belajar di kelas VIII SMPN 2 Batusangkar. IAIN Batusangkar.

Neny Irawwati, N. J. (2012). Hubungan antara harga diri dengan prestasi belajar pada siswa SMKN 48 Jakarta Timur. Econo Sains, X(2), 193–210.

P. Yusi Riskayustiana, S. & I. (2008). Self esteem. Bandung, Indonesia.

Persada, S. H. (2009). Hubungan antara harga diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa fakultas kedokteran Unmuh Surakarta 2007. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prabawati Setyo Pambudi, D. Y. W. (2012). Hubungan konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa keperawatan. Jurnal Keperawatan Soedirman, 7(2), 93–99.

Pramesti, A. (2015). Hubungan antara self esteem terhadap pretasi belajar mata pelajaran makanan kontinental pada siswa jurusan tataboga konsentrasi boga SMKN 1 Sewon. UIN Yogyakarta.

Ratih, K. (2005). Motivasi dalam usaha meningkatkan ketrampilan wicara bahasa inggris mahasiswa jurusan non bahasa inggris Universitas Muhammadiyah Surakarta 2001/2002. Jurnal Penelitian Humaniora, 6(1), 14–27.

Risa Paskahandriati, I. K. (2010). HUbungan antara harga diri dan prestasi belajar fisika pada siswa STM. Universitas Setia Budi Surakarta.

Riwidikdo, H. (2009). Statistik kesehatan. Yogyakarta: Rohima Press.

Rizal, S. (2013). Analisis kebutuhan bahan ajar bahasa inggris IAIN Bengkulu melalui students Need Analysis. Jurnal At-Ta’lim, 12(2), 232–252.

Saputri, A. N. (2016). Hubunga konsep diri engan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. (2009). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, B. (2011). Hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa pendidikan ekonomi STIKIP PGRI Ngawai. Jurnal Media Prestasi, VIII(2), 131–143.

Surani, M. (2013). Hubungan prestasi belajar dengan harga diri mahasiswa semester III PSIK Stikes Aisyiyah. Stikes Aisyiyah Yogyakarta.

Sutiyoso. (2010). Peningkatan kemampuan berbahsa inggris mahasiswa seni tari semesert IV melalui KBM berbahasa inggris pada MK kajian dan peningkatan pengembangan kurikulum dengan pendekatan cooperative learning. Universitas Negeri Yogyakarta.

Widiarti, A. W. (2007). Hubungan harga diri dan kreativitas dengan prestasi belajar mahasiswa semester I jurusan fisioterapi Poltekes Surakarta. Poltekes Surakarta.

Wingkel, W.S. 1989. Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Jakarta: PT Gramedia.

Woro Kusrini, N. P. (2014). Hubungan dukungan sosial dan kepercayaan diri dengan prestasi bahasa inggris siswa kelas VIII SPMN 6 Boyolali. Jurnal Penelitian Humaniora, 15(1), 131–140.




DOI: http://dx.doi.org/10.32528/ins.v14i2.1385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.