Dukungan Sosial Dan Empati Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Berdasar Jenjang Sekolah Menengah Dan Perguruan Tinggi

Yunita Kurniawati, Faizah Faizah, Ulifa Rahma

Abstract


Salah satu faktor yang berperan penting pada pendidikan inklusi adalah teman sebaya. Dalam berinteraksi dengan teman sebaya dibutuhkan empati. Empati dapat mendukung ABK mengembangkan kemampuan interpersonalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan sosial teman sebaya terhadap empati di sekolah inklusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada metode penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP, SMK dan mahasiswa Perguruan Tinggi inklusi sebanyak 454 orang. Masing-masing subjek penelitian mengisi skala dukungan sosial teman sebaya dan skala empati. Data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dukungan sosial teman sebaya terhadap empati pada siswa SMP, SMK dan mahasiswa perguruan tinggi di sekolah inklusi.

Keywords


dukungan sosial teman sebaya, empati, siswa abk, sekolah inklusi

Full Text:

PDF

References


Balnaves, M & Caputi, P (2001). Quantitative Methods. London: Sage. Publication

Bohart, A., & Greenberg, L.S. (1997). Empathy reconsidered. Washington DC. American Psychological Association

Bond, R., & Castagnera, E. (2006). Peer support and inclusive education: An underutilized resource. Theory into practice, 45 (3), 224-229

Bossaert, G., Colpin, H., Pijl, S. P., & Petry, K. (2011). Loneliness among students with special educational needs in mainstream seventh grade. Research in Developmental Disabilities, 33 (2011), pp. 1888-1897

Breckler, S. J., Olson, J., & Wiggins, E. (2006). Social psychology alive. Boston: Thomson Wadsworth

California Childcare Health Program. (2010). Nurturing empathy. California Childcare Health Program, 23(3), 1-8

Cohen, S. et al. (2000). Social Relationships and Health. Dalam Social Support Measurement and Intervention─A Guide for Health and Social Scientiest (ed Sheldon Cohen et all). Newyork: Oxford University Press, Inc.

Cohen, S., & Willis, T.A. (1992). Stress, social support and the buffering hypothesis. Psychological Bulletin, 98(2),310-357

Hasan, S. A., & Handayani, M. M. (2014). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri siswa tunarungu disekolah inklusi. Jurnal Psikologi pendidikan dan perkembangan, 3(2), 128-135

Hidayati, N. (2011). Dukungan sosial bagi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Insan, 13 (1), 12-20

Hobfoll, S, E. (1986). Stress, social support and women : the series in clinical and community psychology. New York : Herper & Row.

Hoffman, M. L. (2000). Empathy and moral development: Implication for caring and social justice. Cambridge: Cambridge university press

Ishak, N. M., Abidin, M. H. Z., & Bakar, A. Y. A. (2014). Dimensions of social skills and their relationship with empathy among gifted and talented students in Malaysia. Social and Behavioral Sciences 116, pp. 750 – 75. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.01.292

Jumlah GPK belum sebanding dengan ABK. April, (2014). www.malangpost.com. Diakses pada 7 Mei 2015.

Mangunsong, F. (2011). Psikologi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Jilid pertama. Depok. LPSP3UI.

Marthan, L. K. (2007). Manajemen Pendidikan Inklusif. Jakarta: Dirjen Dikti.

Santrock, J. W. (2009). Remaja. Edisi 11. Jakarta: Erlangga.

Sarafino, E. P. (1994). Health psychology. New York : John Wiley & Sons, Inc.

Sarwono. (2007). Psikologi remaja. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Schonert- Reichl, K. (2011). Promoting empathy in school-aged children: Current approaches and implications for practice. School rampage shootings and other youth disturbances: early preventive interventions. New York. Routledge.

Schwab, S. (2017). The impact of contact on students’ attitudes towards peers with disabilities. Research in Developmental Disabilities 62, 160–165.

Scruggs, T. E., & Mastropieri, M. A. (1994). The construction of scientific knowledge by students with mild disabilities. The Journal Of Special Education, 28 (3). https://doi.org/10.1177/002246699402800306

Snyder, C. R., & Lopez, S. J. (2007). Positive psychology: The scientific and practical explorations of human strengths. California. Sage publication, Inc.

Orford, J. (1992). Community psychology : Theory & practise. West Sussex : John Wiley &Suns. Ltd




DOI: http://dx.doi.org/10.32528/ins.v14i2.1393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.