Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai-Nilai Budaya Huma Betang Untuk Mengurangi Prasangka Sosial Siswa

Dony Apriatama

Abstract


Sikap prasangka sosial yang ditunjukkan oleh siswa SMA Negeri Palangka Raya seperti sikap memilih-milih teman, terisolir dalam kelompok tertentu, mengedepankan kepentingan kelompok sendiri di atas kepentingan kelompok lain, menunjukkan sikap perlawanan terhadap kelompok lain, menunjukkan otorisasi kelompok sendiri, timbul rasa dendam dan acuh tak acuh terhadap kelompok lain. Upaya untuk mengurangi sikap prasangka sosial tersebut dengan menginternalisasikan nilai-nilai budaya huma betang ke dalam layanan bimbingan kelompok.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai budaya huma betang efektif mengurangi prasangka sosial siswa. Hal ini ditunjukkan dengan perubahan tingkat perilaku prasangka soial sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dan setelah diberikan perlakuan (post-test) sebesar 30,12%.

Keywords


pengembangan model bimbingan kelompok; nilai-nilai budaya huma betang; prasangka sosial.

Full Text:

PDF

References


Corey, G. 2012. Theory and Practice of Group Counseling (Eight Edition). Brools/Cole Publishing Company: USA.

Farley, J. 2010. Majority-Minority Relations. USA: Prentice Hall.

Fitri, A. Z. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jakarta: AR-Ruzzmedia

Fitria, N. 2013. Model Bimbingan Kelompok Berbasis Falsafah Hidup Masyarakat Lampung Untuk Mengurangi Prasangka Sosial Siswa. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana UNNES.

LSM PBBKT. 2003. Adat Istiadat Dayak Ngaju. Palangka Raya: LSM Pusat Budaya Betang Kalimantan Tengah.

Muhammad & Abubakar. M. 2010. Falsafah Hidup Budaya Huma Betang dalam Membangun Kerukunan Hidup Umat Beragama di Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah. Malang: Aditya Media

Rahman, F. 2002. Mengelola prasangka sosial dan stereotif etnik-keagamaan melalui psychological and global education. Artikel Elektronik.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian.Bandung: CV. Alfabeta Sultra.

Wibowo, M.E, 2005. Konseling kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.

Winkel, WS. 2007. Bimbingan dan Konseling: di institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Alba.




DOI: http://dx.doi.org/10.32528/ins.v14i2.1415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.