GAMBARAN ASPIRASI BELAJAR SISWA SMP DENGAN ORANG TUA NELAYAN

Winata Rias Pitaloka, Istiqomah Istiqomah, Danan Satriyo Wibowo

Abstract


Aspirasi belajar adalah harapan atau keinginan yang ingin dicapai dan
didasari oleh perubahan perilaku karena adanya respon terhadap stimulus untuk
kearah perbaikan dalam belajar siswa agar memiliki gambaran keinginan agar
belajar sebagai tujuan utama dalam pembelajaran siswa SMP. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui gambaran aspirasi belajar siswa SMP dengan orang
tua nelayan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah mengambarkan
bagaimana aspirasi belajar pada siswa SMP dengan orang tua nelayan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk deskriptif.
Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa-siswi MTs Muncar yang
berjumlah 307, jumlah sampel yang digunakan 174. Penelitian ini menggunakan
variabel tunggal yaitu aspirasi belajar. Metode pengambilan data menggunakan
skala psikologi dan instrumen penelitian. Metode pengujian alat ukur adalah uji
validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji deskriptif dengan menggunakan
SPSS 21 for Windows.
Hasil yang ditemukan bahwa gambaran aspirasi belajar siswa SMP dengan
orang tua nelayan dari ketiga aspek yaitu aspek cita-cita, hasrat, dan ketetapan hati
tersebut adalah kategori sedang dengan perolehan prosentase nilai 58,04% dengan
101 subyek untuk aspek cita-cita, 64,94% dengan 113 subyek untuk aspek hasrat
dan 60,91% dengan 106 subyek untuk aspek ketetapan hati pada aspirasi belajar.
Berdasarkan hasil analisa data yang menggunakan deskriptif memiliki kategori
sedang yang artinya siswa mempunyai cita-cita namun belum tentu atau kurang
untuk hasrat dan keketapan hati untuk meraih cita-cita siswa.
Kata Kunci : aspirasi, belajar, orang tua nelayan


Keywords


aspirasi, belajar, orang tua nelayan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arhami, I.D. 2008. Hubungan antara persepsi terhadap harapan orang tua

tentang prestasi akademis dengan efikasi diri akademis pada Anak Sulung.

Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Semarang

Komalasari, Kokom. (2014). Pembelajaran Konstektual Konsep dan Aplikasi.

Bandung: PT. Refika Aditama.

Kusumaningtyas, Wahyu. (2002). Jurnal Hubungan antara Persepsi terhadap

Harapan Orang tua dengan Motivasi Berprestasi pada Siswa SMP Negeri

Semarang. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Nirwana, Herman. (2005). Jurnal Perbedaan Tingkat Aspirasi dan Persepsi

Tentang Belajar Matematika Antara Siswa Berlatar Budaya Minangkabau

dan Batak. Universitas Negeri Malang.

Priharsanti, Ajeng (2016). Aspirasi Pendidikan Siswa Papua di Sekolah

Menengah Atas Negeri 10 Yogyakarta. Bimbingan dan Konseling

Universitas Negeri Yogyakarta.

Putri, Destriana Sinta. (2013). Aspirasi dalam Melanjutkan Studi pada Siswa

Kelas XII SMA Teuku Umar Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu

Pendidikan Jurusan Psikologi.

Raddy, Zaky, Otama.(2013). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Terhadap Tingkat

Pendidikan Anak Keluarga Nelayan di Kelurahan Sugihwaras Kecamatan

Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun 2013. Skripsi. (Tidak diterbitkan).

Universitas Negeri Semarang.

Setiyo, Yunita. (2016) Perilaku Social Loafing pada Remaja Pendalungan.

Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta.

Zaduqisti, Esti. (2009). Streotipe Peran Gender bagi Pendidikan Anak. Jurusan

Tarbiah STAIN Pekalongan.

Zulaikhah, N. (2014). Hubungan antara dukungan orang tua dan orientasi karir

dengan pengambilan keputusan studi lanjut. Skripsi. (Tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Surakarta Program Studi Magister Sains Psikologi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 INSIGHT

View My Stats