Pengaruh Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Mengingat Huruf Alfabet Pada Siswa Kelompok Bermain Di Sekolah Cahaya Nurani Jember

Anila Wahyu Sejati, Festa Yumpi-R

Abstract


Mengingat huruf merupakan kemampuan pemula dalam tahapan untuk
menjadi pembaca pemula, sebelum membaca pemula anak mengingat huruf,
karena dengan mengingat huruf anak dapat menyerap setiap informasi yang ada di
lingkungan. Selain itu ada fenomena lain yang berkaitab dengan kemampuan
mengingat yaitu cara mengingat anak yang berkaitan di Sekolah Cahaya Nurani
Jember. Fenomena ini yang membuat peneliti tertarik untuk melakukkan
penelitian dengan “Pengaruh Metode Multisensori Terhadap Kemampuan
Meningat Huruf Alfabet Pada Sisiwa Kelompok Bermain Di Sekolah Cahaya
Nurani”.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dengan desain pretest and
posstes grup desain. Metode pengumpulan data mengunakan wawancara dan
observasi serta alat yang digunakan sebagai metode multisensori. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelompok bermain besar (palaygrup). Tehnik
pengambilan data menngunakan purposive sampling yaitu data yang sudah ada
dilapangan. Tehnik analisa menggunakan One Sampel T-Test.
Berdasarkan hasil analisa yang diperoleh ada peningkat kemampuan
mengingat huruf pada anak dengan nilai signifikan yang menyatakan bahwa
signifikansi > p=0,05 sehingga Ho diterima maka dapat dikatakan korelasi yaitu
ada pengarh metode multisensori terhadap kemampuan mengingat huruf pada
anak.

References


Ade, (2007). Pengaruh metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan

membaca permulaan pada anak Taman Kanak-Kanak (studi eksperimen di

TK ABA 52 Semarang. Fakultas Psikologi. Universitas Diponegoro

Aminah, Siti. (2013). Upaya meningkatkan pamahaman huruf vocal melalui

media puzzle bagi anak tunagrahita sedang kelas 1/C1 di SLB Kartini

Batam. Vol 1 No 2 Mei 2013

Fian, Eva & Kurniawati Yuli.(2012). Pengaruh pendekatan multisensori terhadap cerdasan logika matematika pada anak kelompok A di Taman Kanakkanak Kabupaten Kendal. Journal of Early Chilhood Education Papers.

Http:journal. Unesa.ac.id/sju/index/phi/belia

Hasniati. Kemampuan mengenal huruf vokal anak tunagrahita Jakarta melalui media gambar. Volumen 1 Nomor 1 Januari 2013. Diakses pada tanggal 18 November 2014, pukul 15.00 Wib.

Hainstock, E.G. (2002). Monstessori untuk anak prasekolah. Jakarta. Pustaka Delaprsta.

Latipun. (2006). Psikologi eksperimen ke-2. Malang: UMM Press

Priyanto. Duwi. (2009) Belajar olah data dengan Spss 17. Yigyakarta: Andi

Yogyakarta

Perriani. (2012). Peningkatan kemampuan anak menganal huruf melalui

permainan menguraikan kata di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina

Agama. Jurnal Pesona PAUD. Vol 1 No 1

Ruhaena, Lisnawati. (2015). Model multisensori solusi stimulasi literasi anak prasekolah. Jurnal Psikologi Vol 24 , No 1: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Santrock. John. (2007). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga

Susanti. Ike. (2012). Penerapan metode Montessori dalam meningkatkan

kemampuan motorik halus anak di Kelompok Bermain Talenta Kabupaten

Bandung.

Walgito, Bimo. (2005). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: ANDI

Yogyakarta

Winarasunu, T. (2010). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan,

Malang: UMM Press




DOI: https://doi.org/10.32528/ins.v12i2.332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 INSIGHT



View My Stats