Pengaruh Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Mengingat Huruf Alfabet Pada Siswa Kelompok Bermain Di Sekolah Cahaya Nurani Jember
Abstract
menjadi pembaca pemula, sebelum membaca pemula anak mengingat huruf,
karena dengan mengingat huruf anak dapat menyerap setiap informasi yang ada di
lingkungan. Selain itu ada fenomena lain yang berkaitab dengan kemampuan
mengingat yaitu cara mengingat anak yang berkaitan di Sekolah Cahaya Nurani
Jember. Fenomena ini yang membuat peneliti tertarik untuk melakukkan
penelitian dengan “Pengaruh Metode Multisensori Terhadap Kemampuan
Meningat Huruf Alfabet Pada Sisiwa Kelompok Bermain Di Sekolah Cahaya
Nurani”.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dengan desain pretest and
posstes grup desain. Metode pengumpulan data mengunakan wawancara dan
observasi serta alat yang digunakan sebagai metode multisensori. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelompok bermain besar (palaygrup). Tehnik
pengambilan data menngunakan purposive sampling yaitu data yang sudah ada
dilapangan. Tehnik analisa menggunakan One Sampel T-Test.
Berdasarkan hasil analisa yang diperoleh ada peningkat kemampuan
mengingat huruf pada anak dengan nilai signifikan yang menyatakan bahwa
signifikansi > p=0,05 sehingga Ho diterima maka dapat dikatakan korelasi yaitu
ada pengarh metode multisensori terhadap kemampuan mengingat huruf pada
anak.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ade, (2007). Pengaruh metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan
membaca permulaan pada anak Taman Kanak-Kanak (studi eksperimen di
TK ABA 52 Semarang. Fakultas Psikologi. Universitas Diponegoro
Aminah, Siti. (2013). Upaya meningkatkan pamahaman huruf vocal melalui
media puzzle bagi anak tunagrahita sedang kelas 1/C1 di SLB Kartini
Batam. Vol 1 No 2 Mei 2013
Fian, Eva & Kurniawati Yuli.(2012). Pengaruh pendekatan multisensori terhadap cerdasan logika matematika pada anak kelompok A di Taman Kanakkanak Kabupaten Kendal. Journal of Early Chilhood Education Papers.
Http:journal. Unesa.ac.id/sju/index/phi/belia
Hasniati. Kemampuan mengenal huruf vokal anak tunagrahita Jakarta melalui media gambar. Volumen 1 Nomor 1 Januari 2013. Diakses pada tanggal 18 November 2014, pukul 15.00 Wib.
Hainstock, E.G. (2002). Monstessori untuk anak prasekolah. Jakarta. Pustaka Delaprsta.
Latipun. (2006). Psikologi eksperimen ke-2. Malang: UMM Press
Priyanto. Duwi. (2009) Belajar olah data dengan Spss 17. Yigyakarta: Andi
Yogyakarta
Perriani. (2012). Peningkatan kemampuan anak menganal huruf melalui
permainan menguraikan kata di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina
Agama. Jurnal Pesona PAUD. Vol 1 No 1
Ruhaena, Lisnawati. (2015). Model multisensori solusi stimulasi literasi anak prasekolah. Jurnal Psikologi Vol 24 , No 1: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Santrock. John. (2007). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga
Susanti. Ike. (2012). Penerapan metode Montessori dalam meningkatkan
kemampuan motorik halus anak di Kelompok Bermain Talenta Kabupaten
Bandung.
Walgito, Bimo. (2005). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: ANDI
Yogyakarta
Winarasunu, T. (2010). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan,
Malang: UMM Press
DOI: https://doi.org/10.32528/ins.v12i2.332
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 INSIGHT
View My Stats