FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPS DI SMPK MARIA FATIMA JEMBER

Vinsensius Andi Murdani, Festa Yumpi Rahmanawati

Abstract


Minat belajar siswa SMPK Maria Fatima Jember pada mata pelajaran IPS
sangat menonjol dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa
terhadap mata pelajaran IPS di SMPK Maria Fatima Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi
penelitian berjumlah 120 siswa. Penentuan sampel dengan teknik quota sampling.
Jumlah sampel penelitian sebanyak 89 siswa. Teknik analisis mempergunakan
analisis faktor model confirmatory. Rancangan skala terdiri dari 6 faktor yang
dikembangkan oleh Rahayu (dalam Muhibbin, 2005) dan Chritine (dalam Painun
2008).
Hasil penelitian ini yaitu, nilai reliabilitas sebesar 0.923 (memenuhi
kriteria skala baik). Hasil analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar
siswa terhadap mata pelajaran IPS di SMPK Maria Fatima Jember, antara lain:
faktor perasaan senang (35.229%), faktor perhatian lebih (11.894%), faktor cara
mengajar guru (6.400%), faktor karakter guru (5.904%), faktor suasana kelas
(5.051%), faktor fasilitas belajar (4.271%).

References


Arikunto. (2002). Penyusunan skala psikologi. Bandung: Arloka.

Aritonang, K. (2008). Minat dan motivasi belajar. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2012). Realibilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

________ . (2012). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fijri, dkk. (2010). Siswa berprestasi. Bandung: Arkola.

Gordon (2011). Guru yang efektif. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, S. (2001). Statistik. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Hamzah & Kuadrat, M. (2009). Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran.

Jakarta: Bumi Aksara.

Holt, J. (2012). Bagaimana siswa belajar. Jakarta: Erlangga.

Kosasih. (2004). Panduan manajemen perilaku siswa. Jakarta: Erlangga.

Muhibbin. (2008). Minat belajar remaja. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Painun. (2008). Peran guru efektif dan minat belajar siswa. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Ridwan. (2006). Menemukan cara belajar efektif. Jakarta: Rajawali Pers.

Riyanto, Y. (2011). Metodologi penelitian pendidikan. Surabaya: SIC

Razak, A. (2010). Latihan SPSS statistik multivariat. Surabaya: SIC

Subrata, S. (2009). Menemukan minat dan bakat sejak dini. Yogyakarta: Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Satatistik multivariat. Jakarta: PT Elex media Komputindo.

Suryanto, W. (2010). Pengelolaan belajar. Jakarta: Rajawali.

Winarsunu, T. (2010). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan.

Malang: UMM Pers.

e-Jurnal Matematika Vol. 2, No. 1, Januari 2013).

(Business & management Journal Bunda Mulia, Vol:3, No. 2, September 2009).

(Jurnal Pendidikan Penabur - No.10/Tahun ke-7/Juni 2008).




DOI: https://doi.org/10.32528/ins.v11i1.311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 INSIGHT



View My Stats