PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND AFFECT TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN OPERATOR SELULER PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER

Eki Prajustitia Endri, Siti Nur Aini, Danan Satriyo Wibowo

Abstract


Kualitas operator seluler yang baik diharapkan mampu memenuhi
kebutuhan konsumen dalam berkomunikasi. Suatu operator seluler dapat
memunculkan perasaan positif atau negatif yang menyebabkan konsumen merasa
bahagia atau kecewa terhadap produk atau jasa tersebut, hal ini disebut dengan
brand affect. Kedua hal tersebut ada kaitannya dengan loyalitas konsumen
mahasiswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kualitas produk
dan brand affect terhadap loyalitas konsumen operator seluler pada mahasiswa
Universitas Muhammadiyah Jember. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan
metode analisis regresi berganda. Subyek penelitian berjumlah 150 orang
mahasiswa dengan pendekatan sampling acsidental. Data dikumpulkan
menggunakan skala dan dianalisis menggunakan SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan brand affect
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen (Sig.=0.000, R=0.657).
Persamaan regresi yang dihasilkan memiliki arah yang positif
(Y=6.540+0.045X1+0.778X2). Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa
semakin tinggi kualitas produk dan brand affect maka akan semakin tinggi
loyalitas konsumen pengguna operator seluler.

References


Anwar, dkk. (2011). Impact brand image, trust and affetc on consumer brand

extention attitude: The mediating role of brand loyality. International

Journal of Economics and Management Sciences, Volume 1, Number

, 2011, Page 73-79.

Azwar. (2010). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budi, P. T. (2006). SPSS 13.0 Terapan: Riset statistik parametrik. Yogyakarta:

Penerbit Andi.

Fajrianthi, F.Z. (2005). Strategi perluasan merek dan loyalitas konsumen. Jurnal Insan, Volume 7, Nomor 3, Desember 2005, Halaman 276-288.

Gecti, F., Zengin, H. (2013). The relationship between brand trust, brand affect, attitudinal loyality and behavioral loyality: A field study towards sports shoe consumers in Turkey. International Journal of Marketing Studies, Volume 5, Number 2, Page 111-119.

Ishak, A., Luthfi, Z. (2011). Pengaruh kepuasan dan kepercayaan konsumen terhadap loyalitas: Studi tentang peran mediasi switching costs. Jurnal Siasat Bisnis, Volume 15, Nomor 1, Januari 2011, Halaman 55-66.

Kansil, J. M., Sepang, J. L. (2014). Kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan menggunakan internet di warnet Kelurahan Kairagi II.

Jurnal EMBA, Volume 2, Nomor 1, Maret 2014, Halaman 201-210.

Margono, G. (2013). The development of instrument for measuring attitudes towards statistics using semantic differential scale. 2nd International Seminar on Quality and Affordable Education (ISQAE 2013). Page 241-250.

Nurullaili, W.A. (2013). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas

konsumen tupperware (Studi pada konsumen tupperware di Universitas

Diponegoro). Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 2, Nomor 1, Maret

, Halaman 89-97.

Priyatno, D. (2013). Mandiri belajar analisis data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Rizan, M., Saidani, B., Sari, Y. (2012). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap brand loyality teh botol sosro. Jurnal Riset Manajemen Sains

Indonesia (JRMSI), Volume 3, Nomor 1, 2012.

Sangadji, E. M., Sopiah. (2010). Metodologi penelitian pendekatan praktis dalam penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Schmitt, B. (2012). The consumer psychology of brands. Journal of Consumer Psychology 22 (2012) 7-17.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Waluyo, M. (2013). Psikologi industri. Jakarta: Akademia Permata.




DOI: https://doi.org/10.32528/ins.v11i1.308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 INSIGHT



View My Stats