PERSEPSI SISWA TENTANG FUNGSI BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH
Abstract
Bimbingan konseling (BK) di sekolah sangat penting bagi perkembangan
siswa baik secara fisik maupun psikologis. Fungsi BK di sekolah ada 4 (emapat)
yaitu fungsi pemahaman, fungsi pencegahan, fungsi pengentasan, serta fungsi
pemeliharaan dan pengembangan. Fungsi BK ini diterapkan dalam bentuk
program-program yang disesuaikan dengan spesifikasi dari 4 (empat) fungsi BK
tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang
fungsi bimbingan konseling (BK) di sekolah. Penelitian ini mengambil populasi
kelas 1 SMA Negeri 3 Jember. Sampel dari penelitian ini 25% dari jumlah
populasi yaitu 60 orang dengan menggunakan teknik purposive random sampling.
Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan skala persepsi siswa tentang
fungsi BK di sekolah.
Berdasarkan analisis deskriptif dengan menggunakan bantuan SPSS 15.0
For Windows menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (60.83%) memberikan
persepsi positif terhadap fungsi BK di sekolah dan fungsi BK yang dipersepsikan
positif adalah fungsi BK yang manfaatnya dapat dirasakan siswa secara langsung
seperti fungsi pengentasan serta fungsi pemeliharaan dan pengembangan.
Berdasarkan dari penelitian ini, sekolah dapat mengembangkan sosialisasi
fungsi BK dengan menggunakan media yang sesuai sehingga siswa dapat
memanfaatkan layanan BK dengan lebih optimal.
siswa baik secara fisik maupun psikologis. Fungsi BK di sekolah ada 4 (emapat)
yaitu fungsi pemahaman, fungsi pencegahan, fungsi pengentasan, serta fungsi
pemeliharaan dan pengembangan. Fungsi BK ini diterapkan dalam bentuk
program-program yang disesuaikan dengan spesifikasi dari 4 (empat) fungsi BK
tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang
fungsi bimbingan konseling (BK) di sekolah. Penelitian ini mengambil populasi
kelas 1 SMA Negeri 3 Jember. Sampel dari penelitian ini 25% dari jumlah
populasi yaitu 60 orang dengan menggunakan teknik purposive random sampling.
Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan skala persepsi siswa tentang
fungsi BK di sekolah.
Berdasarkan analisis deskriptif dengan menggunakan bantuan SPSS 15.0
For Windows menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (60.83%) memberikan
persepsi positif terhadap fungsi BK di sekolah dan fungsi BK yang dipersepsikan
positif adalah fungsi BK yang manfaatnya dapat dirasakan siswa secara langsung
seperti fungsi pengentasan serta fungsi pemeliharaan dan pengembangan.
Berdasarkan dari penelitian ini, sekolah dapat mengembangkan sosialisasi
fungsi BK dengan menggunakan media yang sesuai sehingga siswa dapat
memanfaatkan layanan BK dengan lebih optimal.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Prayitno. E. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Surya & Djumhur. (1985). Bimbingan dan penyuluhan di sekolah. Bandung: CV.Ilmu.
Tohirin. (2007). Bimbingan dan konseling di sekolah dan Madrasah (Berbasis
integrasi). Jakarta: Raja grafindo persada.
DOI: https://doi.org/10.32528/ins.v10i2.296
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 INSIGHT
View My Stats