NEED FOR ACHIEVEMENT (N Ach) BESWAN DJARUM SEBAGAI PENERIMA DJARUM BEASISWA PLUS DJARUM FOUNDATION

Syukron Mahmud Abdillah, Siti Nur Aini, Istiqomah Istiqomah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami karakteristik Need For
Achievement Beswan Djarum sebagai penerima Djarum Beasiswa Plus Djarum
Foundation, yang meliputi: 1) self-set goal Beswan Djarum, 2) Coping Beswan
Djarum terhadap self-set goalnya, 3) Kesan atau persepsi Beswan Djarum
terhadap hasil yang diraihnya. Pendekatan studi kasus digunakan untuk
mengungkap tujuan tersebut.
Informan dalam penelitian ini merupakan Beswan Djarum yang
mengerjakan program Community Empowerment. Metode wawancara, observasi,
dan studi dokumen digunakan sebagai metode pengumpulan data utama. Peneliti
menggunakan analisis tematik untuk mengintegrasikan beberapa tema yang
muncul dari metode pengumpulan data yang dilakukan, sehingga memunculkan
pemahaman yang holistik mengenai Need For Achievement Beswan Djarum.
Penelitian ini menemukan bahwa terdapat motif berbeda yang
mempengaruhi Need For Achievement setiap Beswan Djarum. Selain Need For
Achievement Beswan Djarum, peneliti juga menemukan beberapa kebutuhan
lainnya, seperti: 1) Need For Affiliation, 2) Need For Power. Need For
Achievement Beswan Djarum ditunjukkan dengan: 1) penyusunan goal yang
dilakukan oleh Beswan Djarum sendiri, 2) usaha yang dilakukan Beswan Djarum
untuk mewujudkan goal yang telah ditentukannya, 3) serta kesan Beswan Djarum
terhadap hasil yang telah dicapainya dan usaha yang dilakukannya.

References


Ariani, D. W. (2006). Need for achievement dalam kinerja individu: Tinjauan

konseptual. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya

Alwisol.(2007). Psikologi kepribadian. Malang: UMM Press

Asy’ari, H. (2009), Implementasi corporate social responsibility (CSR) sebagai

modal sosial pada PT Newmont. Semarang: Universitas Dipenogoro

Bugin, B. (2007). Metodologi penelitian kualitatif : “Aktualisasi metodologi ke

arah ragam varian kontemporer”. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Chapman, A. (2001). David C. McClelland’s motivational needs theory. Diakses dari www.businessball.com/davidmcclelland.htmpada 9 Maret 2013

Fried, Y., Slowik. (2004). Enriched goal-setting theory with time: An integrated approach. Academy of Management Journal.

Handoko, H T. (2003).Manajemen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Harmoni, A., Ade. (2008), Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Official Website Perusahaan Studi Pada PT. Unilever Indonesia

Tbk. Depok: Universitas Gunadarma

Kail, R. V. & Cavanaugh. J. C. (2000). Human Development :a life span view 2th ed. United States : Wadsworth Thomson Learning.

Moore, L. (2010). Using achievement motivation theory to explain student

participation in a residential leadership learning community. Texas:

A&M University

Oswari, T. (2005).Membangun jiwa kewirausahaan (Enterpreneurship) “Menjadi mahasiswa pengusaha (Enterpreneur Student) sebagai modal untuk menjadi pelaku usaha baru. Jakarta: Universitas Gunadarma

Petri, H L. (2001).Motivation: Theory and reseach. Maryland: Wadsworht

Publishing Company

Poerwandari, E K. (2009). Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku

manusia. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuruan dan

Pendidikan Psikologi (LPSP3) UI.

Prasetyo, I. (2011). Peningkatan motivasi berprestasi (need for achievement) warga belajar program pendidikan kecakapan hidup (life skills) melalui model pembelajaran berbasis masalah. Bandung: Sekolah

Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia

Prihatsanti, U. (2010). Hubungan kepuasan kerja dan need for achievement dengan kecenderungan resistance to change pada dosen Undip Semarang. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Dipenegoro

Riduwan. (2012). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta

Saebani, A. (2008). Metodologi penelitian. Bandung : CV. Pusataka Setia

Satori, D. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung : Alfabeta

Segall, MH., et al. (2003). Human behavior in global perspective. New York:Pergamon Press

Serad, SM. (2010).Dare to be a leader. Jakarta: Djarum Beasiswa Plus

Sarafino, E.P. (2006). Health Psychology : biopsychosocial interactions. Fifth Edition. USA : John Wiley & Sons

Smith, J A. (2009). Dasar-dasar psikologi kualitatif: Pedoman Praktis Metode Penelitian. Bandung: Nusamedia

Sugiyono, (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta

Taylor, S. E. (2003). Health Psychology, 4th, Boston: McGraw Hill

Http://www.DjarumFoundation.com. Corporate social responsibility (CSR)

Djarum Foundation.Diakses pada 12 Februari 2013

Http://www.DjarumBeasiswaPlus.org. Djarum Beasiswa Plus.Diakses pada 9 Maret 2013




DOI: https://doi.org/10.32528/ins.v9i2.286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 INSIGHT



View My Stats