REALITAS OBSERVATIONAL LEARNING APLIKASI SAFETY RIDING BAGI MAHASISWA PENGENDARA SEPEDA MOTOR DI JEMBER
Abstract
dalam mendukung pengendara sepeda motor memutuskan untuk tidak
berperilaku safety riding dan mengetahui proses pengkondisian (conditioning) dan
pemodelan (modelling) pada pengendara sepeda motor dalam memutuskan
perilaku safety riding terutama bagi mahasiswa yang mengendarai sepeda motor
di kota Jember melalui pandangan observational learning.
Pendekatan studi kasus digunakan untuk mencapai tujuan penelitian.
Subjek wawancara adalah empat orang mahasiswa, dua laki-laki dan dua
perempuan. Metode wawancara dan observasi sebagai pengumpul data utama
penelitian. Analisis tematik digunakan untuk mengolah data yang diperoleh
dengan wawancara dan observasi subjek maupun observasi lapangan yaitu proses
mengkode informasi yang menghasilkan daftar tema sehingga secara minimal
dapat mendeskripsikan dan interpretasi fenomena.
Hasil data temuan penelitian yang diperoleh peneliti antara lain 1) area
mempengaruhi perilaku; 2) situasi jalan merupakan bentuk penguatan
(conditioning) dan 3) pengaruh orang lain atau teman merupakan bentuk
pemodelan (modelling). Sedangkan proses pengambilan keputusan yang
dilakukan oleh subjek dalam memutuskan perilaku safety riding berdasarkan
faktor-faktor temuan, dapat dijelaskan dengan tahapan perhatian, retensi, motor
dan motivasi yang berdasarkan teori dasar belajar sosial determinasi reciprokal
dengan kemampuan subjek meregulasi diri serta kemampuan efikasi diri
pengendara. Sehingga proses pengambilan keputusan dalam perilaku safety riding
lebih ditentukan oleh kemampuan kognitif pengendara sepeda motor melakukan
self-regulation dan self-efficacy terhadap faktor-faktor di sekitar subjek.
References
Agus, M. (2012). Pengaruh penerapan model pembelajaran observational Bandura terhadap hasil belajar teknik dasar bola basket ditinjau dari
kemampuan koordinasi mata dan tangan (Studi pada mahasiswa
semester III Jurusan PENJASKESREK FOK UNDIKSHA Tahun
Akademik 2009/2010). Jurnal Penelitian Pascasarjana UNDIKSHA
Vol. 1 No. 2.
Alwisol. (2006). Psikologi kepribadian, Edisi Revisi. Malang: UMM Press.
Bungin, B. (2003). Analisis data penelitian kualitatif: Pemahaman filosofis dan
metodologis ke arah penguasaan model aplikasi. Jakarta : PT.
RajaGrafindo Persada.
Feist, J. & Feist G. (2008). Theories of personality: Edisi Keenam. Yogyakarta :Pustaka Belajar.
Hergenhahn, B. R. & Olson, M. H. (2009). Theories of learning (Teori belajar):Edisi Ketujuh. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Hutomo, S. (2011). Observational learning: Metode psikologis yang dilupakan dalam psikologis olahraga. Jurnal Ilmiah SPIRIT, ISSN; 1411- 8319 Vol. 11 No. 1.
Moloeng, L. (2006). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung : PT
Remaja Rosdakarya.
MAG. (2012). Operasi zebra jaya, ayo tertib berlalu lintas meski tak ada
petugas. www.Otomotifnet.com. 14 Februari 2013.
Poerwandari, K. (2005). Pendekatan kualiatif untuk penelitian perilaku manusia (Edisi ketiga). Jakarta : LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas
Indonesia.
Riskiansah, A. (2011). Analisa pola tingkah laku pengendara sepeda motor di kota surabaya dengan driver behaviour questionnaire
(DBQ).http://digilib.its.ac.id/analisa-pola-tingkah-laku-pengandarasepeda
motor-di-surabaya-dengan-driver-behaviour-questionnairedbq19524.
html. 26 Februari 2013.
Soviana, E. & Yuwono, S. (2010). Kampanye safety riding dan pembentukan sikap disiplin berlalu lintas. Semarang: Prosiding Fakultas
Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
SIRC. (2004). Sex differences in driving and insurance risk: An analysis of the social and psychologycal differences between men and women
that are relevant to their driving behaviour. England: Oxford. August
Soka. (2010). Selama pelaksanaan operasi zebra, kasus pelanggaran naik 200%. http://www.sokaradio.com/jurnal. 12 Maret 2013.
___ . (2012). Korban kecelakaan yang meninggal didominasi usia muda.
http://www.sokaradio.com/jurnal. (2012). 27 April 2013.
Sugiyono. (2005). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung Alfabeta.
Suharjana. (2007). Pembelajaran melalui observasi untuk menggembangkan keterampilan fisik dan tanggapan psikologis dalam olahraga. Cakrawala Pendidikan, Th. XXVI No. 1
Syah, M. (2012). Psikologi belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Walgito, B. (2003). Psikologi sosial (Suatu pengantar). Yogyakarta: Penerbit ANDI.
________ . (2011). Teori-teori psikologi sosial. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
DOI: https://doi.org/10.32528/ins.v9i2.281
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 INSIGHT
View My Stats