Analisis Tundaan Dan Panjang Antrian Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Minyak Pada Perlintasan Rel Kereta Api

Asep Sanjaya, Sri Nuryati, Elma Yulius, Eko Darma, Anita Setyowati Srie Gunarti, Fajar Prihesnanto

Abstract


Perlintasan rel kereta api yang terletak di Jalan Kompas, Tambun Selatan  merupakan satu dari sekian banyak perlintasan di Kabupaten Bekasi yang terkena dampak peningkatan jumlah kendaraan sehingga mengakibatkan tundaan dan antrian panjang. Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh tundaan dan panjang antrian terhadap konsumsi bahan bakar pada perlintasan rel kereta api di Jalan Kompas Kabupaten Bekasi. Analisis tundaan dan panjang antrian didasarkan pada hasil survey yang dilakukan selama dua hari kerja dan satu hari libur. Konsumsi BBM berdasarkan lama tundaan dianalisis dengan persamaan LAPI-ITB. Hubungan konsumsi BBM dengan tundaaan dan panjang antrian dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil analisis jumlah konsumsi BBM akibat penutupan pintu perlintasan pada arah Utara-Selatan sebanyak 9,010 liter/smp dan arah Selatan-Utara sebanyak 9,330 liter/smp. Besarnya kerugian untuk jenis BBM Pertalite Rp 25.158.638,-, Pertamax Rp. 29.598.398,- dan Dexlite Rp. 31.242.753,- selama 1 tahun. Hasil analisis dengan regresi linier berganda, tundaan dan panjang antrian memiliki pengaruh terhadap konsumsi bahan bakar pada penutupan pintu perlintasan kereta api, artinya semakin tinggi nilai tundaan dan panjang antrian semakin besar pula konsumsi bahan bakar. Model regresi linear berganda untuk konsumsi bahan bakar pada Jalan Kompas, Tambun Selatan adalah: Y = 7,800 + 0,252 X1 + 0,105 X2


Keywords


Tundaan, Panjang antrian, Konsumsi BBM, Perlintasan kereta api

References


Ahmad, A., & Mahmudati, R. (2019). PENGARUH PENUTUPAN PINTU PERLINTASAN KERETA API TERHADAP TUNDAAN DAN PANJANG ANTRIAN KENDARAAN. Teras, 9(1), 51-62.

Arsyad, A. (2017). Studi Analisis Tundaan, Antrian Dan Biaya Operasional Kendaraan Akibat Perlintasan Sebidang Jalan Dengan Rel Kereta Api Pada Ruas Jalan Malang-Surabaya Km (Skripsi, ITN Malang).

Direktorat Jenderal Bina Marga., (1997), MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonsia). Depatemen Pekerjaan Umum. Indonesia.

Fargiant, Wildan Noer., (2020) Pengaruh Karakteristik Lalu Lintas Pada Perlintasan REL Kereta Api Dengan Sebidang Jalan (Studi Kasus:Perlintasan Kereta Api Jalan Perjuangan Bekasi). Skripsi. Teknik Sipil, Universitas Islam 45. Bekasi.

Kementerian Perhubungan., (2007), Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2007 Tentang Perkeretaapian. Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. Jakarta.

Nuryati, S. (2017). Penggunaan Bahan Bakar Minyak Terhadap Kecepatan Kendaraan Dan Nilai Waktu Perjalanan Di Wilayah Kota Bekasi. Bentang : Jurnal Teoritis dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil, 5(1), 45-61.




DOI: https://doi.org/10.32528/hgn.v7i1.7852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Jember

Alamat:  Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia 68124

Phone & Fax: (0331)336728 | 337957

Email: hexagon@unmuhjember.ac.id