ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS DENGAN PENDEKATAN FOUR STEP MODEL AKIBAT PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT UII

Muchlisin Muchlisin, Muhammad Ihsan Baihaqi

Abstract


Peningkatan pertumbuhan kendaraan di kabupaten bantul salah satunya di akibatkan dari adanya pembangunan Rumah Sakit Universitas Islam Indonesia yang sangat berdampak pada jaringan jalan disekitar area zona tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak lalu lintas akibat dari pembangunan Rumah Sakit Universitas Islam Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan four step model dan metode analisis dengan menggunakan data pembanding yaitu data dari Rumah Sakit Panembahan Senopati Bantul. data- data tersebut diperoleh dari survei langsung ke lapangan dan melakukan perhitungan analisis menggunakan software Microsoft Excel 2010. Dari analsis tersebut diperoleh hasil bangkitan pada Rumah Sakit Universitas islam Indonesia adalah 35 smp/jam. Dan diketahui bahwa tarikan sebesar 81 smp/jam. Moda yang dipilih pengendara dengan persentase kendaraan ringan (LV) 18% dan sepeda motor (MC) 82%. Persentase pembenanan jaringan lalu lintas pada simpang pada simpang Sedayu dari arah Timur ke Barat 13,77%; Utara ke Barat 12,50%; Barat ke Timur 2,90%; Pada simpang Sapuangin dari arah Timur ke Selatan 7,48%; Timur ke Barat 6,02%; Selatan ke Timur 5,59%; Barat ke Timur 5,34%. diperoleh kesimpulan bahwa dampak dari pembangunan Rumah Sakit Universitas Islam Indonesia cukup memberi pengaruh pada jaringan jalan pada area tersebut.

Keywords


Bangkitan dan Tarikan, Sebaran Perjalanan, Pemilihan Moda, Pembebanan Jaringan lalu lintas

References


Bina Marga, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Bina Jalan Kota, Direktorat Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum.

BPS, 2016, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Angka 2012-2016, BPS D.I.Yogyakarta, Yogyakarta.

Martinus, B. K., Hendrikus, S., Fatima, M. J., & Ajisuraji. 2013, Analisis Pembebanan Jaringan Jalan (Trip Assignment) Pada Koridor Malang- Surabaya. Jurnal Widya Teknika, 21(2), 27-31.

Miro, F. 2016, Analisis Pilihan Moda Transportasi Umum Rute Padang- Jakarta Menggunakan Metode Stated Preference. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 27(1), 25-33.

Muchlisin, 2016, Analisis Tarikan dan Bangkitan Akibat Pembangunan Mix- Used Plan (Mix-use JogjaOne Park) dengan Metode Pembanding. Jurnal Ilmiah Semesta Teknika, 19(2), 98-

Muchlisin, 2016, Analisis Bangkitan Lalu Lintas Sebagai Dampak Pembangunan Hotel Asoka Yogyakarta.63-70.

Mahmudah, N. 2016, Pemodelan bangkitan perjalanan pelajar dikabupaten sleman. Jurnal Teknik Sipil, 13(4), 301-307.

Politon, N. C.,Rompis, J. S., & Jefferson, L. 2017, Pengaruh Pembangunan Jalan Soekarno Terhadap Pembebanan Lalu Lintas di Jalan Tol Manado – Bitung. Jurnal Sipil Statik, 5(9), 639-647.

Prastana, O. I., Sulistyono, S., & Arifin, S. 2016, Analisis Dampak Lalu Lintas Pembangunan SPBU Tanjungwangi Banyuwangi (Traffic Impact Analysis of SPBU Tanjungwangi Banyuwangi). Jurnal Rekayasa Sipil dan Lingkungan, 1(01), 62 - 72.

Rantung, T., Bonny, F. S., & F, J. 2015, Analisa Dampak Lalu Lintas (Andalalin) Kawasan Lippo Plaza Kairagi Manado. Jurnal Ilmiah Media engineering, 5(1), 315-326.

Suriyadi, Anggraini, R., & Azmeri. 2017, Analisa Bangkitan Pergerakan Pada Kawasan Lampulo Kota Banda Aceh. Jurnal Teknik Sipil, 1(1), 233-242.

Tamin, O. Z., Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. ITB, Bandung

Tappangrara, M. A., & Buana, C. 2013, Manajemen Lalu-Lintas akibat Adanya Pembangunan Hotel Santika Gubeng. Jurnal Teknik Pomits, 2(2), 78-83.

Yayat, K. D., Kombaitan. B.,Purboyo H. 2018, Hotel Trip Generation In Tourism City (Case Study: Bandung City, Indonesia). Science International Jurnal, 30(2), 177-181.




DOI: https://doi.org/10.32528/hgn.v6i2.6955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Jember

Alamat:  Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia 68124

Phone & Fax: (0331)336728 | 337957

Email: hexagon@unmuhjember.ac.id