IDENTIFIKASI POTENSI TANAH EKSPANSIF PADA LOKASI PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT UNMUH JEMBER

Arief Alihudien, As’ad Munawir, Rofi Budi Hamduwibawa, Totok Dwi Kuryanto

Abstract


Abstrak  Tanah ekspansif merupakan salah satu jenis tanah bermasalah, sangat peka tehadap perubahan kadar air. Tanah ini mempunyai ciri-ciri kembang susut yang besar akibat dari perubahan volume pori yang dapat menimbulkan gaya angkat terhadap konstruksi yang ada sehinga dapat menimbulkan kerusakan pada konstruksi tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut kajian yang mendalam terhadap suatu lokasi pembangunan infrastruktur akan adanya potensi mengembang dan menyusut menjadi sangat penting. Dalam penelitian ini akan dilaksanakan analsia potensi kembang susut tanah pada lokasi pembangunan Rumah Sakit UM Jember. Adapun metodelogi yang digunakan adalah melalui metode eksperimen yaitu dengan Uji CPT dan  mengambil sampel untuk diteliti dilaboratorium . Dari hasil uji cpt didapat tanah dibawah permukaan merupakan tanah lempung lunak hingga kedalaman 3 meter pada kedalaman 1 meter terdapat lensa. Dari hasil uji konsistensi tanah menunjukkan pada lokasi penelitian merupakan tanah ekspansif sedang sampai tinggi.


Keywords


Ekspansif, Tanah, Jember

References


Lunne, T., Robertson, P.K. and Powell, J.J.M., 1997. Cone Penetration Testing in Geotechnical Practice. EF Spon/Blackie Academic, Routledge Publishers, London, 312 p.

O’Neill, M.W. and Poormoayed, N. 1980. Methodology for foundations on expansive clays. J. Geotechnical Eng. Divis. Dec. GT12. PP: 1345-1366.

Das, Braja M. 1997. Mekanika Tanah (Prinsip-Prinsip Rekayasa Geoteknis), Jakarta : Erlangga

Redi, dkk 2020, Studi Korelasi Indeks Plastisitas Dan Batas Susut Terhadap Perilaku Mengembang Tanah. Ejurnal Kajian Teknik Sipil Vol.1 No.2 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta




DOI: https://doi.org/10.32528/hgn.v6i2.6411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Jember

Alamat:  Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia 68124

Phone & Fax: (0331)336728 | 337957

Email: hexagon@unmuhjember.ac.id