STUDI PERKUATAN TANAH DASAR DI BAWAH EMBANKMENT MENGGUNAKAN METODE KOMBINASI PRELOADING DAN PVD
Abstract
Abstrak
Stabilitas tanah dasar merupakan halpenting sebagai penopang konstruksi di atasnya khususnya
pada tol paspro yang rencananya akan dibangun di atas timbunan dengan elevasi yg relatif tinggi yaitu 0 meter s/d 9 meter pada STA 15+500 elv timbunan 8.5 meter . Selain itu penyelidikan tanah di lokasi tersebut menunjukan bahwa tanah dasar pada rencana jalan tol Paspro merupakan tanah lempung lunak hingga kedalaman 10.36 meter sehingga diperlukan perbaikan tanah dasar. Dalam analisa tanah dasar terjadi penurunan tanah sebesar 0.8 meter jika di bebani oleh timbunan dan hanya mampu memikul beban timbunan setinggi 1.5 meter. Metode perbaikan tanah yg digunakan adalah metode preloading sistem surcharge dan percepatan waktu pemampatan menggunakan PVD. Hasil pemasangan PVD dengan pola segitiga dan bujur sangkar dengan jarak 1 meter mampu menaikan derajat konsolidasi sebesar
98% dalam waktu 6 minggu yang berimbas pada daya dukung tanah dasar menjadi mampu
menahan beban timbunan setinggi 9 meter.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Das, Braja M. 1985. Mekanika Tanah (Prinsip- Prinsip Rekayasa Geoteknis) Jilid 1,
Jakarta: Erlangga.
Das, Braja M. 1985. Mekanika Tanah (Prinsip- Prinsip Rekayasa Geoteknis) Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Herman Bahan Ajar – Mekanika Tanah II. Mochtar, Indrasurya B. Teknologi Perbaikan
Tanah Masa Kini.
Wahyudi, Herman. Daya Dukung Pondasi
Dangkal.
DOI: https://doi.org/10.32528/hgn.v3i2.2917
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jember
Alamat: Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia 68124
Phone & Fax: (0331)336728 | 337957
Email: hexagon@unmuhjember.ac.id