STUDI PERKUATAN TANAH DASAR DI BAWAH EMBANKMENT MENGGUNAKAN METODE KOMBINASI PRELOADING DAN PVD

Dedy Dana Fahrur Rizal, Arief Alihudin, Adhitya Surya Manggala

Abstract


Abstrak

Stabilitas tanah dasar merupakan halpenting sebagai penopang konstruksi di atasnya khususnya

pada   tol paspro yang rencananya akan dibangun di atas timbunan dengan elevasi yg relatif tinggi  yaitu  0  meter  s/d  9  meter  pada STA 15+500  elv  timbunan  8.5  meter  .  Selain  itu penyelidikan tanah di lokasi tersebut menunjukan bahwa tanah dasar pada rencana jalan tol Paspro merupakan tanah lempung lunak hingga kedalaman 10.36 meter sehingga diperlukan perbaikan tanah dasar. Dalam analisa tanah dasar terjadi penurunan tanah sebesar 0.8 meter jika di bebani oleh timbunan dan hanya mampu  memikul beban timbunan setinggi 1.5 meter. Metode perbaikan tanah yg digunakan adalah metode preloading sistem surcharge dan percepatan waktu pemampatan menggunakan PVD. Hasil pemasangan PVD dengan pola segitiga dan bujur sangkar dengan jarak 1 meter mampu menaikan derajat konsolidasi sebesar

98% dalam waktu 6 minggu yang berimbas pada daya dukung tanah dasar menjadi mampu

menahan beban timbunan setinggi 9 meter.


Keywords


Stabilitas embankment, Settlement, Daya dukung, Preloading, PVD.

Full Text:

PDF

References


Das, Braja M. 1985. Mekanika Tanah (Prinsip- Prinsip Rekayasa Geoteknis) Jilid 1,

Jakarta: Erlangga.

Das, Braja M. 1985. Mekanika Tanah (Prinsip- Prinsip Rekayasa Geoteknis) Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Herman Bahan Ajar – Mekanika Tanah II. Mochtar, Indrasurya B. Teknologi Perbaikan

Tanah Masa Kini.

Wahyudi, Herman. Daya Dukung Pondasi

Dangkal.




DOI: https://doi.org/10.32528/hgn.v3i2.2917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Jember

Alamat:  Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia 68124

Phone & Fax: (0331)336728 | 337957

Email: hexagon@unmuhjember.ac.id