KINERJA PARKIR DAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA LAHAN PARKIR PADA STASIUN KERETA API RAMBIPUJI (DAOP IX JEMBER)

Fadhil Aditya Putra Vidiyanto, Amri Gunasti, Irawati Irawati

Abstract


Abstrak

Prasana stasiun kereta api merupakan prasarana transportasi khusus atau dipisahkan dengan

sistem jaringan transportasi darat yang lain. Jasa kereta api sangat dibutuhkan masyarakat sebagai angkutan ekonomis dibanding dengan angkutan lainnya. Stasiun Rambipuji merupakan stasiun kelas II yang termasuk dalam Daerah Operasi IX Jember. Pada stasiun kereta api dalam meningkatkan pelayanan diperlukan tata ruang atau fasilitas yang baik. Seperti ruang parkir kendaraan, ruang tunggu penumpang, gudang bongkar muat barang maupun fasilitas lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik parkir dan mengetahui kinerja pelayanan ruang parkir stasiun Rambipuji. Pada penelitian ini, untuk mengetahui karakteristik parkir pada stasiun rambipuji yaitu dengan menggunakan metode pengamatan dan analisa perhitungan, sedangkan  untuk  mengetahui  tingkat  kepuasan  pengguna  jasa  lahan  parkir  menggunakan metode Quisioner Service Quality. Pada kedua metode ini semua memiliki porsi kepentingan tersendiri. Metode pengamatan dan analisa perhitungan digunakan untuk mengetahui seluruh karakteristik parkir yang ada pada Stasiun Rambipuji, sedangkan metode Quisioner Service Quality   digunakanuntuk   pengukuran   presepsi   penumpang   pengguna   jasa   lahan   parkir dilakukan dengan menyebarkan quisioner kepada 49 responden untuk mengetahui nilai harapan dan nilai aktual peformance yang diterima penumpang kereta api rambipuji. Dari hasil analisa perhitungan, di ketahui nilai DS 2018 jalan darmawangsa yaitu sebesar 0,1907520 smp/jam dan masuk pada tingkat pelayanan A, sedangkan DS 2023 sebesar 0,24341919742 smp/jam dan masuk pada tingkat pelayanan B. Kebutuhan ruang parkir berdasarkan kapasitas statis yaitu R2 38 SRP dan R4 14 SRP. Rata-rata harapan penumpang pengguna lahan parkir yaitu sebesar 4,144 dengan nilai rata-rata aktual penumpang pengguna lahan parkir yaitu 2,960. Kualitas yang ada pada indikator yang ada pada Quisioner tidak ada yang lebih dari nilai 1 itu menandakan   semua   indikator   memiliki   kualitas   yang   buru.   Pada   uji   hipotesis   yang menggunakan uji z secara keseluruhan indikator masuk dalam kategori berbeda nyata dengan Z tabel 5% atau 1,96 dan 1% atau 2,57.


Keywords


ruang parkir, karakteristik lahan parkir, kepuasan pengguna lahan parkir, kebutuhan ruang parkir, stasiun rambipuji, uji z.

Full Text:

PDF

References


Agus. 2002. Kebutuhan Ruang Parkir Sepeda Motar di RS Sardjito Jogjakarta. TA SI Teknik Sipil (tidak dipublikasikan). UGM Jogjakarta.

Badan Pusat Siatistik Kota Semarang. 2004.

Kota Semarang dalam Angka Tahun 2004.

Semarang.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Departemen Perhuhungan RI, 1996. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jakarta.

Menteri/Sekretaris Negara RI. 1992 Undang- Undang Repubtik Indonesia Nomor 14

Tahun 1992 tentang lalu lintas dab

Angkutan Jalan, Jakarta.

Prasetyo, 2000. Analisis Kebutuhan Parkir di Lngkungan UGM. TA SI Teknik Sipil (tidak dipublikasikan). UGM Jogjakarta

Samosir. 1998. Tinjauan Penyediaan Fasilitas Parkir Pada Kawasan Malioboro. TA SI Teknik Sipil (tidak dipublikasikan). UGM Jogjakarta.

Trijoyo. 2000. Analisis Kebutuhan Parkir di Daerah Pasar. TA SI Teknik Sipil (tidak dipublikasikan). UGM Jogjakarta.

Munawar, Ahmad 2004, Program Komputer Untuk Analisis LaluLintas, Beta Offset, Jogjakarta.

Gunasti, A., 2017. Penilaian Kinerja Tukang dan Harapan Mandor dalam Proyek Konstruksi. Jurnal Penelitian IPTEKS, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.32528/hgn.v3i1.2910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Jember

Alamat:  Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia 68124

Phone & Fax: (0331)336728 | 337957

Email: hexagon@unmuhjember.ac.id