PERENCANAAN ALTERNATIF JALAN BEBAS HAMBATAN DENGAN FLEXIBLE PAVEMENT METODE BINA MARGA 2013 DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA TOL PASURUAN – PROBOLINGGO KM 3 – KM 10

Ahmad Gufron, Irawati Irawati, Taufan Abadi

Abstract


Jaringan  jalan  raya  sebagai  prasarana  transportasi  darat  memegang  peranan  yang  sangat

penting dalam sektor perhubungan terutama untuk kesinambungan distribusi barang dan jasa. Sebagai salah satu daerah sentra industri tentu berdampak pada kepadatan lalu lintas, baik di jalan dalam kota maupun luar kota seperti di wilayah utara Jawa Timur seperti pada ruas jalan Grati – Pasuruan sampai dengan Tongas – Probolinggo. Oleh karena itu diperlukan adanya jalus alternatif yang ditujukan untuk menyelesaikan masalah itu. Penelitian ini berisi tentang alternatif perencanaan jalan tol yang dimana jalan tol pada umumnya memakai perkerasan kaku.  Perencanaan  tebal  perkerasan  berdasarkan  “Manual  Desain  Perkerasan  Jalan  Tahun

2013”  sedangkan  untun  rencangan  anggaran  biaya  berdasarkan  Manajemen  “Proyek  dan

Konstruksi Jilid I”. Dari data diperoleh pannjang jalan tol rencana adalah sepanjang 7 KM, dari data survey yang dilakukan oleh PT. Multi Phi Beta Consultan Engginering bahwa LHR adalah sebesar 46.467 kendaraan pada tahun 2016. Sedangkan dari hasil perhitungan tebal perkerasan yang dibutuhkan adalah sebesar LPA/CTB 10 cm, AC-BC sebesar 22 cm, dan AC-WC sebesar

5 cm. Untuk rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk 7 KM perencanaan perkerasan

lentur sejumlah Rp. 79.305.225.275.


Keywords


Jalan tol, Perencanaan Tebal Perkerasan, Rencana Anggaran Biaya.

Full Text:

PDF

References


Badrujaman, Aceng. 2016. Perencanaan

Geometri dan Anggaran Biaya Ruas jalan Cempaka – Wanaraja Kecamatan Garut Kota. Jurnal Konstruksi.

Dipohusodo, Istimawan. 1996. Manajemen Proyek dan Konstruksi Jilid 1. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Munir, Muhammad. 2017. Perencanaan Tebal

Perkerasan kaku Pada Jalan Tol Pasuruan

– Probolinggo Seksi I Ruas Grari Tongas Sta. 0+000 – Sta. 13+500. Tugas Akhir tidak dipublikasikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Pemerintah Republik Indonesia. 2016.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun 2016 tentang Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang

Pekerjaan Umum. Jakarta.

SNI, 2013, “Manal Desain Perkerasan Jalan Nomor 2/M/BM/2013”, Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum Diretorat Jendral Bin Marga.

Sukirman, Silvia.1999. Perkerasan Lentur

Jalan Raya. Nova. Bandung.

Wicaksono, M & Istiar. Perencanaan Geometri dan Perkersan Jalan Tol Pandaan – Malang dengan Jenis Perkerasan Lentur. Jurnal Teknik ITS.




DOI: https://doi.org/10.32528/hgn.v3i1.2908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Jember

Alamat:  Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia 68124

Phone & Fax: (0331)336728 | 337957

Email: hexagon@unmuhjember.ac.id