Pemerintahan Yang Baik (Good governance): Peningkatan Kompetensi Birokrasi Sebagai Upaya Efektifitas Pelayanan Publik

Edhi Siswanto, S.IP, M.Si

Sari


Pemerintahan yang baik (good governance) berkaitan dengan konsep negara demokrasi. Pemerintahan dikatakan demokratis manakala dalam penyelenggaraan pemerintahan melibatkan rakyat, melibatkan banyak unit politik, dan transparan. Penyelenggaraan pemerintahan pada dasarnya berorientasi pada tiga elemen utama, yakni pemerintah atau negara (state), sektor swasta (private sector), dan masyarakat (society) dan dua elemen tambahan yaitu lembaga legislatif dan kalangan perguruan tinggi. Peningkatan kompetensi birokrasi diperlukan sebagai upaya untuk memberikan pelayanan yang efektif kepada masyarakat. Dalam hal ini terdapat lima karakteristik kompetensi yaitu: 1. Motif; 2. Karakteristik Pribadi; 3. Konsep Diri dan Nilai-nilai; 4. Pengetahuan; dan 5. Keterampilan, dimana ke lima karakteristik kompetensi ini juga dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Efektifitas pelayanan publik diperlukan sebagai gambaran sejauhmana organisasi telah mencapai tujuan-tujuannya melalui lima kriteria dalam pengukuran efektivitas yaitu produktivitas, kemampuan adaptasi atau fleksibilitas, kepuasan kerja, kemampuan berlaba dan pencarian sumber daya. Tingkat pelayanan dan derajat kepuasan masyarakat merupakan salah satu tolok ukur efektivitas. Terdapat lima hal yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik yaitu: 1. Kuatnya Posisi Tawar Pengguna Jasa Pelayanan; 2. Berfungsinya Mekanisme ‘Voice”; 3. Pembentukan Birokrat yang Berorientasi Pelayanan; 4. Pengembangan Kultur Pelayanan; dan 5. Pembangunan Sistem Pelayanan yang Mengutamakan Kepentingan Masyarakat.

Kata kunci: good governance, kompetensi birokrasi, efektifitas pelayanan publik.


Referensi


Anwar Prabu Mangkunegara. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Remaja Roskadarya.

Fadel. 2009. Indikator-indiktor yang Mengukur Kinerja Pegawai. Bandung: Alfabet.

Gibson. 2003. Organisasi : Perilaku, struktur dan proses. Jakarta : Erlangga.

Gomes, Fautino Cardosa. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Andi Offset.

Handayaningrat, Soewarno. 1989. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta : Gunung Agung

Hersey, Paul dan Ken Blanchard. 2009. Manajemen Perilaku Organisasi. Bandung: Pustaka Setia

Kasim, Azhar. 1983. Pengukuran Efektifitas Dalam Organisasi. Jakarta : FE UI.

Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta : Pembaruan.

Nurmandi, Acmad Drs. 1999. Manajemen Perkotaan Aktor, Organisasi dan Pengelolaan Daerah Perkotaan di Indonesia. Yogyakarta : Lingkaran Bangsa

Ratminto, 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ridwan, Juniarso. 2009. Hukum Administrasi Negara dan Kebijakan Pelayanan Publik. Bandung : Nuansa.

Spencer,Lyle M and Signe M. Spencer. 1993. Competence Work: Model Superior Performance. Jphn Wiley and Sons,Inc

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Siagian, Sondang P. 2002. Organisasi, Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi. Jakarta : Bumi Aksara

Syahrin, Alvi. 2003. Pengaturan Hukum dan Kebijakan Pembangunan Perumahan dan Pemukiman Berkelanjutan. Medan : Pustaka Bangsa

Tjandra, W. Riawan. 2009. Peningkatan Kapasitas Pemda Dalam Pelayanan Publik. Yogyakarta : Pembaruan.

Wibowo, 2007. Manajemen Kinerja , Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.