Analisis Semiotika Terhadap Sikap Berharap Juru Parkir Sebagai Representasi Biasnya Pelayanan Prima Pemerintah Kabupaten Jember

Ari Susanti, S.Sos., M.MedKom.

Sari


Sikap berharap juru parkir di mata masyarakat merepresentasikan biasnya pelayanan prima Pemerintah Daerah Kabupaten Jember. Dengan diberlakukannya Peraturan Bupati No. 12 tahun 2013, parkir di tepi jalan umum gratis kecuali plat kendaraan di luar Jawa Timur. Untuk mendalami permasalahan ini, fenomena di atas akan dibedah menggunakan analisis semiotika dimana sikap berharap sebagai sebuah tanda yang memiliki banyak makna. Tanda-tanda yang tampak diinterpretasikan konotatif oleh masyarakat. Dikorelasikan dengan rendahnya pendapatan/honor yang didapatkan oleh juru parkir membuat pelayanan yang mereka berikan tidak prima. Oleh karena itu, diharapkan artikel ini dapat menjadi acuan Pemerintah Daerah Kabupaten Jember untuk memperbaiki kinerjanya sehingga layanan prima parkir berlangganan dapat terwujud dan menciptakan tata pemerintah kabupaten Jember yang baik.
Kata Kunci : analisis semiotika, pelayanan prima


Referensi


Saleh, Akh. Muwafik, 2010, Public Service Communications – Praktik Komunikasi dalam Pelayanan Publik, Malang, UUM Press

Sobur, Alex, 2009, Analisis Teks Media, Bandung, PT Remaja Rosda Karya

Sobur, Alex, 2006, Semiotika Komunikasi, Bandung, PT Remaja Rosda Karya

Wibowo, Indiwan Seto Wahyu, 2013, Semiotika Komunikasi – Aplikasi Praktis bagi Peneliti dan Skripsi Komunikasi Edisi 2, Jakarta, Penerbit Mitra Wacana Media


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.