ANALISIS PERSAINGAN USAHA DI BIDANG IMPORTASI DAN DISTRIBUSI FILM DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN PERFILMAN NASIONAL

Cita Yustisia Serfiyani, Fendi Setyawan, Dyah Ochtarina Susanti

Abstract


Banyak faktor dan hambatan yang dihadapi dalam upaya menumbuhkembangkan perfilman nasional, salah satu isu terpenting adalah praktek monopoli di bidang importasi dan distribusi serta monopoli di bidang eksebisi. Monopoli bioskop pada satu jaringan perusahaan bioskop dapat menyebabkan ketatnya kompetisi perolehan copy film yang didistribusikan, apalagi jika perusahaan distributor film tersebut termasuk ke dalam jaringan perusahaan bioskop yang bersangkutan.

Kata Kunci : Film, Monopoli, Persaingan Usaha

 


References


Andi Fahmi Lubis, dkk, 2009, Hukum Persaingan Usaha Antara Teks dan Konteks, Jakarta, Deutsche Gesellschaft für Technische Zusammenarbeit (GTZ) GmbH.

Black, Campbell Henry, 1990, Black’s Law Dictionary, Sixth Edition, St. Paul, Minn., West Publishing Co.

Friedman, M. Lawrence, 1975, The Legal System A Social Perspective. (New York : Rusell Sage Fondation :1975).

Johnny Ibrahim, 2006, Hukum Persaingan Usaha, Malang, Bayumedia.

Misbach Yusa Biran, Sejarah Film 1900 –1950 : Bikin Film di Jawa, Jakarta, Komunitas Bambu

Mochtar Kusumaatmadja, tanpa tahun, Fungsi dan Perkembangan Hukum dalam Pembangunan Nasional, Bandung, Penerbit Bina Cipta.

Mochtar Kusumaatmadja, 1986, Pembinaan Hukum Dalam Rangka Pembangunan Nasional, Bandung, Penerbit Binacipta.

Mochtar Kusumaatmadja, 1995, Hukum, Masyarakat, dan Pembinaan Hukum Nasional, Bandung, Penerbit Binacipta.

Mochtar Kusumaatmadja, 2002, Konsep- Konsep Hukum Dalam Pembangunan, Bandung, Penerbit Alumni.

Ningrum Natasya Sirait, dkk., 2010, Ikhtisar Ketentuan Hukum Persaingan Usaha, Jakarta, The Indonesia Netherlands National Legal Reform Program.

Otje Salman dan Eddy Damian, 2002, Konsep-Konsep Hukum dalam Pembangunan dari Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja, S.H., LL.M., Bandung, Penerbit PT.Alumni.

Peter Mahmud Marzuki, 2005, Penelitian Hukum, Jakarta, Kencana. Satjipto Rahardjo, 2000, Ilmu Hukum, Bandung, Citra Aditya Bakti.

Suyud Margono, 2009, Hukum Anti Monopoli, Jakarta, Sinar Grafika.

Universitas Jember, 2011, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Jember, Jember University Press.

Peraturan Perundang-undangan

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.

Burgerlijk Wetboek (Kitab Undang- Undang Hukum Perdata). Undang – Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat Undang – Undang Nomor 33 Tahun 2009 tentang Perfilman.

Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2010 tentang Daftar Bidang Usaha yang Tertutup dan Bidang Usaha yang Terbuka Dengan Persyaratan Di Bidang Penanaman Modal.

Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2010 tentang Daftar Bidang Usaha yang Tertutup dan Bidang Usaha yang Terbuka Dengan Persyaratan Di Bidang Penanaman Modal.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 102/PMK.011/2011 tentang Nilai Lain sebagai Dasar Pengenaan Pajak atas Pemanfaatan Barang Kena Pajak Tidak Berwujud dari Luar Daerah Pabean di Dalam Daerah Pabean berupa Film Cerita Impor dan Penyerahan Film Cerita Impor, serta Dasar Pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22 atas Kegiatan Impor Film Cerita Impor.

Surat Edaran Dirjen Pajak Nomor SE-79/PJ/2011 tanggal 20 oktober 2011 tentang Penyampaian Peraturan Menteri Keuangan Nomor 102/PMK.011/2011 Tentang Nilai Lain Sebagai Dasar Pengenaan Pajak Atas Pemanfaatan Barang Kena Pajak Tidak Berwujud Dari Luar Daerah Pabean Di Dalam Daerah Pabean Berupa Film Cerita Impor Dan Penyerahan Film Cerita Impor, Serta Dasar Pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22 Atas Kegiatan Impor Film Cerita Impor.

Putusan KPPU Perkara Nomor 05/KPPU–L/2002.

Karya Ilmiah

Cita Yustisia Serfiyani, 2011, Konsepsi Hak Cipta Sinematografi Sebagai Jaminan Kredit Perbankan Bagi Produser Film Komersial, Skripsi, Jember, Universitas Jember.

Dyah Ochtorina Susanti, 2006, Pelaksanaan Perjanjian Pembiayaan Murabahah Dengan Sistem Bai’u Salam Ditinjau Dari Sudut Pandang Hukum Islam, Tesis, Malang, Universitas Brawijaya.

Internet

Erika Asdi, 2012, Industri Kreatif Sebagai Industri Anti Krisis, http://indonesiakreatif.net/ article/industri-kreatif-sebagai- industri-antikrisis/, diakses tanggal 5 Maret 2013.

Afri Meidam, Fenomena Industri Perfilman di Indonesia, http://perfilman.pnri.go.id/kliping_a rtikel/detail/259, diakses tanggal 5 Maret 2013.

Chaerani, Monopoli Bioskop, http://movies.groups.yahoo.com/gro up/indomovie/ message/9761, diakses tanggal 22 Januari 2013.




DOI: https://doi.org/10.32528/.v9i18.627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FAIRNESS AND JUSTICE



View My Stats