PERLINDUNGAN TERHADAP HAK-HAK PENDIDIKAN PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

Eddy Basuki, Gunawan Gunawan

Abstract


Meski secara normatif maupun secara yuridis formal pendidikan adalah hak setiap orang baik laki-laki maupun perempuan,  namun dalam tataran empiris tidak tereprentasikan secara optimal. Terbukti, perempuan cenderung memiliki kesempatan pendidikan lebih kecil dibanding laki-laki. Semakin tinggi jenjang pendidikan semakin lebar kesenjangannya.

Akar masalah kesenjangan pendidikan bagi perempuan berawal dari bias jender dalam pendidikan keluarga oleh orang tua di rumah. Bias jender ini kemudian dilanjutkan oleh pranata pendidikan persekolahan. Komponen-komponen pendidikan di sekolah seperti kurikulum dan proses belajar mengajar, buku teks, ikut serta menciptakan ketidakadilan pendidikan bagi perempuan. Oleh karena itu masyarakat dan juga guru sebagai pengajar dan pendidik perlu memiliki pemahaman dan kesadaran jender  sehingga tidak terjadi diskriminasi di dalam pendidikan.

Pendidikan yang berkeadilan jender tidak membeda-bedakan akses  dan peluang bagi laki-laki maupun perempuan.  Islam memberikan peluang untuk berprestasi bagi semua orang baik laki-laki maupun perempuan. Ayat-ayat Al-Qur’an telah mengisyaratkan konsep kesetaraan jender yang ideal dan memberikan ketegasan bahwa prestasi individual, baik dalam bidang spiritual maupun urusan karier profesional, tidak mesti dimonopoli oleh salah satu jenis kelamin saja. Laki-laki dan perempuan memperoleh kesempatan yang sama meraih prestasi optimal.

Kata Kunci: Konsep Jender, Perempuan dalam Perspektif Hukum Islam

References


Ahimsa, Heddy Shri. 2000. Sensitivitas Jender dalam Manajemen. Makalah disajikan dalam Work Shop Jender dan Manajemen. Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga.

Astuti, Mary. 2000. Pendidikan Berperspektif Jender. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Diarsi, Myra. 2001. Ideologi Gender di dalam Pendidikan. Makalah disajikan dalam Work Shop Rahima. Jakarta.

Fakih Mansour. 1996. Analisis Jender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Farida, Anik. 2002. Bias Jender Dalam Teks Buku Pelajaran.. Jakarta: Depag

Kompas, 2001. Dari Desa Sukasari Menuju Bentuk Federasi. 12 Nopember, Halaman 40.

Mosse, Cleves, Julia. 1993. Gender dan Pembangunan. Yogyakarta. Rifka Annisa.

Ratna Megawangi. 1999. Membiarkan Berbeda: Suatu Sudut Baru tentang Relasi Jender. Bandung: Mizan.

Suryadi, Ace. 2002. Perempuan Indonesia Dalam Peta Pendidikan. Jakarta: Depag

Umar, Nasaruddin. 1999. Argumen Kesetaraan Jender: Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Penerbit Paramadina.




DOI: https://doi.org/10.32528/.v9i17.626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FAIRNESS AND JUSTICE



View My Stats