Identifikasi Dan Optimalisasi Kecerdasan Siswa (Madrasah Ibtidaiyah Ulumul Qur’an Ali Bin Abi Thalib Mojosongo Surakarta)

Sujoko Sujoko, Patria Mukti, Rosita Yuniati, Prilya Shanti A.

Abstract


Mitra kegiatan  ini adalah  Madrasah Ibtidaiyah Ulumul Qur’an Ali Bin Abi Thalib Mojosongo Surakarta. Madrasah ini menampung anak-anak yang ada di daerah sekitar nya untuk diberikan pendidikan secara formal melalui jenjang  pendidikan sekolah dasar (Ibtidaiyah). Permasalahan yang dihadapi mitra adalah tidak memiliki SDM (Sumber daya manusia) yang mampu melakukan  asesmen kecerdasan dan modalitas belajar siswa-siswa yang ada disana. Sehingga kegiatan belajar mengajar siswa hanya mengalir begitu saja tampa memperhatikan level kecerdasan dan modalitas dasar yang dimiliki oleh siswa.

Tujuan dari kegiatan ini adalah  membantu mitra dalam mengidentifikasi level kecerdasan dan gaya belajar siswa, dan membantu mitra dalam  mengoptimalkan kecerdasan siswanya melalui gaya belajarnya. Solusi yang ditawarkan kepada mitra, 1) memberikan fasilitas psikotes untuk Siswa guna mengidentifikasi kecerdasan dan gaya belajarnya, 2) memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada Siswa guna mengoptimalkan kecerdasarnya. 3) Melakukan sharing dan diskusi dengan guru /ustadz terkait dengan  metode pengajaran agar bisa mengakomodir minat dan gaya belajar  Siswa.

Hasil; setelah dilakukan asesmen terhadap kecerdasan dan modalitas belajar siswa MI UQ Ali Bin Abi Thalib dapat diketahui bahwa mereka memiliki potensi kecerdasan yang beragam, mulai dari rata-rata, diatas rata-rata dan bahkan dibawah rata-rata. Selain itu, mereka juga memiliki  modalitas belajar yang bermacam-macam. Oleh sebab itu, pihak sekolah diharapkan lebih care terhadap kondisi siswa-siswinya dengan cara melakukan identifikasi sejak dini terhadap potensi kecerdasan dan juga modalitas belajar siswa-siswa mereka.

Keywords


identifikasi; optimalisasi; kecerdasan; gaya belajar

References


Bakri, H (2009). Pemahaman tentang gaya belajar. Jurnal Medtek Vol 1 Nomor 2 Oktober 2009.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.32528/emp.v2i0.1386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats