Pengembangan Self Esteem Siswa Smkn 31 Jakarta Sebagai Upaya Mempersiapkan Diri Memasuki Dunia Kerja

Alabanyo Brebahama, Sari Zakiah Akmal, Rina Rahmatika, Octaviani I. Ranakusuma

Abstract


Remaja merupakan tahapan perkembangan transisi dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Salah satu tugas perkembangan yang harus dipenuhi oleh remaja adalah mencapai ego identity, yakni memiliki pandangan yang jelas terhadap berbagai aspek dalam dirinya, serta mampu menerima segala kelebihan dan kekurangan dalam dirinya tersebut. Untuk mencapai ego identity tersebut, remaja perlu memiliki konsep diri (self-concept) yang jelas, serta harga diri (self-esteem) yang positif. Hanya saja, hal tersebut tidaklah mudah karena justru remaja seringkali mendapatkan pengaruh negatif dari lingkungan sekitarnya, baik itu orangtua, guru, teman sebaya, hingga media massa. Keharusan untuk mendapat nilai terbaik, pengakuan guru yang terbatas hanya pada siswa berprestasi, tuntutan untuk “gaul” ala remaja, hingga naskah sosial di media massa seringkali justru remaja sulit memiliki penghargaan positif terhadap dirinya, dan melupakan potensi yang sebetulnya ada dalam dirinya. Program pengembangan harga diri (self-esteem) merupakan salah satu bentuk upaya yang perlu dilakukan bagi remaja, terutama oleh sekolah. Namun sayangnya, tidak semua sekolah memiliki sumber daya yang memadai untuk melakukan hal tersebut, seperti SMK Negeri 31 yang berlokasi di Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Oleh karena itu, program pengabdian masyarakat ini ditujukan untuk membantu siswa SMK Negeri 31 agar dapat memiliki penghargaan yang lebih positif terhadap dirinya, serta menelaah dan mengembangkan potensi dirinya. Hasil evaluasi efektivitas kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan yang dilakukan tidak efektif dalam meningkatkan self esteem siswa. Akan tetapi, secara umum kegiatan yang dilakukan mendapatkan penilaian positif dari peserta.

Keywords


pelatihan self-efficacy; siswa SMK

References


Ariyani, A. (2004). Perbedaan Hope dan Self-Esteem antara Remaja yang Pernah Menggunakan Narkoba dan Remaja yang Tidak Pernah Menggunakan Narkoba. Tugas Akhir, tidak diterbitkan. Depok: Universitas Indonesia.

Borba, M. (1989). Esteem Builder (Self Esteem Curriculum for Improving Student Achievement, Behavior, and School Climate). New York; Jalmar Press

Branden, Nataniel. (1994). Six Pillars of Self Esteem (The Definitive Work on Self-Esteem by the Leading Pioneer in the Field). New York; Random, Inc

Carr-Gregg, M. & Shale, E. (2003). Adolescence (A Guide for Parents). London; Vemilion, an Imprint of Ebury Press Random House UK, Ltd

Donnchadha, Rammon. (2000). The Confident Child. Dublin; New Leaf, an Imprint of Gill & Macmillan, Ltd

Eggen, P. & Kauchak, D. (2007). Educatonal Psychology – Windows on Classroom (7th edition). New Jersey; Pearson Prentice Hall

Guindon, M.H. (2010). Self Esteem Across The Lifespan. New York : Routledge Taylor & Francis Group.

Mc-Devitt, T. M. & Ormrod, J. E. (2010). Child Development and Education 4th edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Papalia, D.E., Olds, S.W., & Feldman, R.D. (2007). Human Development 10th ed. USA: McGraw-Hill Companies, Inc.

Sherfield, R. M. (2004). The Every Thing Self Esteem Book; Boost Your Confidence, Achieve Inner Strength, and Learn to Love Yourself. Avon; F+W Publications, Inc




DOI: https://doi.org/10.32528/emp.v2i0.1388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats