PENGOLAHAN LIMBAH RUMAH TANGGA (AIR LERI) MENJADI PUPUK ORGANIK CAIR (POCA) DI KABUPATEN PROBOLINGGO

Linda Kurnia Supraptiningsih, Rofikha Nuriyanti, Adi Sutrisno

Abstract


Tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan pembinaan kepada mitra yaitu kelompok PKK Desa Lambangkuning Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo. Ibu-ibu di Desa Lambangkuning banyak yang masih menganggur dan masih bergantung dari pendapatan suami sehingga diperlukan penghasilan tambahan untuk menyokong kehidupan mereka sehari-hari. Melihat situasi ini, salah satu upaya untuk dapat membantu menyelesaikan permasalahan mitra adalah memberikan pelatihan pengolahan limbah air leri menjadi pupuk organik cair (POCa) yang tentunya selain ramah lingkungan juga memiliki nilai jual. Solusi konkrit yang dilakukan pengusul untuk mengatasi permasalahan yaitu dengan membuat model mesin pencacah daun Paitan (bahan tambahan pembuatan pupuk), solusi selanjutnya yang perlu ditambahkan adalah dengan membuatkan akun marketplace Bukalapak dengan sarana berupa jaringan internet atau indihome untuk menambah jangkauan pemasaran. Terakhir melakukan sosialisasi pemanfaatan bahan limbah menjadi barang bernilai ekonomi.

Full Text:

PDF

References


Hartatik, dkk. 2015. Peranan Pupuk Organik dalam Peningkatan Produktivitas Tanah dan Tanaman. Jurnal Sumberdaya Lahan. 9(2): 107-120.

Kasno, A., D. Setyorini, dan Nurjaya. 2003. Status C-organik Lahan Sawah di Indonesia. Dalam Prosiding Himpunan Ilmu Tanah Indonesia, Universitas Andalas, Padang.

Wulandari, G.M. Citra, dkk. 2012. Pengaruh Air Cucian Beras Merah dan Beras Putih Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Selada (Lactuca sativa L.). Jurnal Vegetalica (online). 1(2). Diakses tanggal 11 Oktober 2018.

Andrianto, H. 2007. Pengaruh air cucian beras pada Adenium. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamadiyah Surakarta. (online). Diakses tanggal 27 Sepember 2018.

Kalsum, dkk. 2011. Efektivitas Pemberian Air Leri terhadap Pertumbuhan dan Hasil Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus). Jurnal Agrovigor. 4(2): 86-92.




DOI: https://doi.org/10.32528/emp.v3i0.2405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats