Pemeriksaan dan Penyuluhan Glukosa Darah dan Asam Urat pada Lansia di RW 22 Kelurahan Nusukan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta

Rahmat Budi Nugroho

Abstract


Kelurahan Nusukan merupakan salah satu kelurahan yang terdapat pada Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Kawasan ini mempunyai jumlah penduduk usia lanjut yang cukup banyak. Dari hasil observasi yang telah dilakukan, kelurahan Nusukan terutama di RW 22 sudah terdapat Posyandu Lansia, namun dalam pelaksanaannya jarang sekali dilakukan pemeriksaan kesehatan, khususnya pemeriksaan kadar glukosa darah dan asam urat. Oleh sebab itu diperlukan  pemeriksaan kadar glukosa darah dan asam urat agar warga lansia di RW 22 Kelurahan Nusukan dapat memantau kondisi kesehatannya dengan lebih mudah.

Tujuan dari program kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan gambaran bagi lansia tentang kadar glukosa darah dan asam urat total serta memberikan penyuluhan tentang pengaturan pola hidup sehat bagi lansia.

Hasil pemeriksaan diketahui bahwa dari 35 lansia yang diperiksa, yang memiliki kadar glukosa darah normal sebanyak 15 orang, beresiko diabetes mellitus sebanyak 10 orang, sedangkan 10 orang lainnya memiliki penderita diabetes.

Keywords


lansia, asam urat, glukosa darah, degeneratif

Full Text:

PDF

References


Andry, Saryono, dan Arif Setyo Upoyo. 2009. “Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kadar Asam Urat Pada Pekerja Kantor Di Desa Karang Turi, Kecamatan Bumi Ayu, Kabupaten Brebes”. Jurnal Keperawatan Soedirman Vol 4 No 1. Purwokerto.

Kemenkese. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.

Komariah, Anis. 2015. “Pengaruh Senam Ergonomis Terhadap Kadar Asam Urat Pada Lansia Dengan Gout Di Pos Binaan Terpadu Kelurahan Pisangan Ciputat Timur”. Skripsi. Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Trisnadewi, Kadek. 2014. “Kadar Asam Urat Serum Rendah Meningkatkan risiko Penyakit Parkinson”. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Udayana Denpasar

Prapti. 2005. Tanaman Obat Untuk Mengatasi Rematik dan Asam Urat. Jakarta : Agro Media Pustaka.

Sustrani L. Diabetes. Jakarta: Gramedia; 2006




DOI: http://dx.doi.org/10.32528/emp.v3i0.2398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats