PELATIHAN PEMBUATAN EVALUASI COMPUTER-BASED TEST BAGI GURU DESA TEMUGURUH DI ERA PEMBELAJARAN DARING
Abstract
Mitra kegiatan PKM ini adalah SMP Muhammdiyah 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Tujuan dari program PKM ini adalah mengenalkan penggunaan Google Form dan add-ons untuk mengerjakan soal ulangan harian dan ujian yang dikemas melalui evaluasi CBT. Kegiatan ini juga mengenalkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang membuat anak lebih focus, disiplin, dan jujur dalam proses pengerjaan evaluasi. Untuk mencapai tujuan ini, tim pelaksana memulai kegiatannya dengan perencanaan, memberikan pelatihan kepada masyarakat mitra dan mengadakan evaluasi serta diakhiri dengan laporan. Kegiatan ini juga didukung tim dengan kepakaran yang relevan dengan tujuan yang hendak dicapai. Hasil yang diperoleh pada kegiatan ini adalah seluruh berjalan dengan sukses dan lancar, para guru di SMP Muhammadiyah 1 Genteng telah bisa membuat soal CBT yang di dalamnya terdapat batas waktu pengerjaan soal bagi siswa. Selain itu, pelatihan ini juga membantu meningkatkan prestasi siswa karena dengan soal CBT siswa dituntut tepat waktu, jujur dan disiplin dalam mengerjakan soal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anomin. (2017). Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi I Tahun 2017 . Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.
Anomin. (2017). Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Perguruan Tinggi Edisi XI Tahun 2017 . Jakarta: Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, kementerian Riset, teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
Anomin. (2018). Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Perguruan Tinggi Edisi XIII Tahun 2018. Jakarya: Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, kementerian Riset, teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288.
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13-25.
Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93.
Balan, Y. A., Sudarmin, S., & Kustiono, K. (2017). Pengembangan model computer-based test (CBT) berbasis Adobe Flash untuk sekolah menengah kejuruan. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1), 36-44.
Clariana, R., & Wallace, P. (2002). Paper–based versus computer–based assessment: key factors associated with the test mode effect. British Journal of Educational Technology, 33(5), 593-602.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.
Karfindo, Karfindo, and Firlan Mustafa. "Pengembangan aplikasi Computer Based Test (CBT) untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)." Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi 3.1 (2017): 42-48.
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.
Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27-33.
Putri, U. M., & Rahayu, S. (2018). Aplikasi Computer Based Test (CBT) Sebagai Alternatif Evaluasi Hasil Pembelajaran Siswa. JUSIFO, 4(2), 153-164.
Trisnadewi, K., & Muliani, N. M. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. COVID-19: Perspektif Pendidikan, 35.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal pendidikan profesi guru, 1(1), 51-65.
DOI: https://doi.org/10.32528/emp.v5i0.4342
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats