PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENDEKATAN STEAM PjBL METODE ECOBRICK UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 1 JEMBER

Ika Priantari, Chusnul Khotimah Galatea, Aulya Nanda Prafitasari, Siti Susanti, Dwi Retno Kusumawardhani

Abstract


Para ahli terus mengembangkan pola dasar pembelajaran yang dapat memacu pendidikan kreatif dan inovatif yang dapat diintegrasikan dengan berbagai bidang ilmu. Hal ini mendorong munculnya pendekatan STEM (Scientific, Technology, Engineering, Mathematics) sebagai dasar pola pembelajaran. pembelajaran STEM masih dapat dikembangkan lagi untuk diintegrasikan dengan seni atau “art”, sehingga dapat menjadi STEM +  Art atau STEAM (Scientific, Technology, Engineering, Art, Mathematics). Sehingga dapat dinyakatan bahwa STEAM merupakan pengembangan pendekatan dari STEM dengan memberikan sentuhan seni atau art dalam proses kreatif pembelajarannya. Guru memiliki peran yang sangat vital dalam memunculkan potensi kreativitas siswa dalam menyikapi suatu permasalahan di sekitar. Dari hasil penenlitian di atas, maka diketahui bahwa banyak sekali kompetensi yang harus dikuasai guru. Salah satunya adalah dalam penyusunan perangkat pembelajaran. Para Guru, khususnya dari bidang studi IPA dan Matematika, perlu memacu kemampuannya dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, terutama RPP, dengan pendekatan yang fleksibel terhadap berbagai bidang kajian seperti STEAM, termasuk tentang permasalahan lingkungan. Salah satu contoh permasalahan lingkungan yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran adalah pencemaran lingkungan dikarenakan sampah, terutama sampah anorganik. ). Salah satu bentuk kegiatan 3R adalah metode Ecobrick, yakni botol plastik yang dikemas dengan kepadatan tertentu dengan plastik bekas, bersih dan kering untuk mencapai blok bangunan yang dapat digunakan berulang kali. Untuk mencapai hal tersebut, langkah awal adalah memasukkan tindakan nyata penanggulangan sampah pada perencanaan pembelajaran. Melalui STEAM, guru dapat mengarahkan kemampuan sains (Scientific) siswa terhadap lingkungan dan mengintegrasikannya dengan teknologi (Technology), teknik (Engineering), sifat artistik (Art), dan perhitungan beban (Mathematics) yang baik dalam menanggulangi permasalahan sampah anorganik. Hal ini juga dibutuhkan oleh warga SMP Muhammadiyah 1 Jember yang tentu ingin menjadi sekolah yang nyaman dan beradiwiyata dan go green.

 

 


Keywords


STEAM; PjBL; Ecobrick

Full Text:

PDF

References


Maeda, John. (2013). STEM + Art = STEAM. The STEAM Journal, Vol. 1, Iss.1, Art. 34. https://scholarship.claremont.edu/steam/vol1/iss1/34/. Diakses pada 12 Desember 2019.

Bayindir, N., & Inan, H. Z. 2008. Theory into practice: Examination of teacher practices in supporting children's creativity and creative thinking. Ozean Journal of Social Science, 1(1).

Handayani, W.R. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru IPA (Sains) SMP Negeri Se-Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Volume 7, Nomor 2. Hal: 94 – 105.

Novalita, R. 2014. Pengaruh Perencanaan Pembelajaran Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran (Suatu Penelitian terhadap Mahasiswa PPLK Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Almuslim). Lentera. Volume 14 No 2. Hal 54 – 61.

Andayani, Fitri, et al. 2017. Analisis Permasalahan Guru Terkait Perencanaan dan Pelaksanaan Perangkat Pembelajaran Biologi Melalui Model Problem Based Learning dan Media Realita di SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Volume: 2 Nomor 10. Hal: 1425—1429.

Ecobricks.org. 2019. Ecobricks are Your Simple Solution for Plastic. www.ecobricks.org/what/ . Diakses pada 12 Desember 2019.

Jambeck. J.R. et al. (2015). “Plastic Waste Inputs from Land into the Ocean, ”Science 347, no. 6223: 768–71, doi:10.1126/science.1260352

Nurcholis. M. 2012. Muhammadiyah Canangkan Go Green. http://lingkungan.muhammadiyah.or.id/berita-1263-detail-muhammadiyah- canangkan-go-green.html. Diakses pada 12 Desember 2019.




DOI: https://doi.org/10.32528/emp.v5i0.4297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats