PKM KEBUGARAN LANSIA DI PRA PALBAPANG BARAT BANTUL, YOGYAKARTA

Veni Fatmawati, Andri Ariyanto

Abstract


Pada lansia, terjadi penurunan anatomis dan fisiologis pada system organ pada tubuhnya. Penurunan fungsi system organ ini menyebabkan terjadinya gangguan kebugaran pada lansia, factor yang mempengaruhi seperti usia, gangguan penyerta, aktifitas sehari hari. Tujuan dari PKM jni memberikan pengetahuan kepada lansia untuk menjaga kebugaran serta memberikan screaning kebugaran pada lansia dan memberikan edukasi. Metode : 1. Memberikan penyuluhan sebanyak 2 kali tentang pengetahuan penyebab kebugaran, 2. Memberikan penyuluhan tentang dampak dari gangguan kebugaran, 3. Melakukan screaning kebugaran pada lansia, 4. Melakukan tindak lanjut dari hasil screaning, 5. Memberikan edukasi latihan dan home program .Hasil: Lansia mengetahui tentang gangguan kebugaran, lansia mampu melakukan lahihan di rumah secara rutin.

Keywords


lansia; kebugaran; latihan

Full Text:

PDF

References


Erdiana, Yuyun. (2016). Dukungan Keluarga Dalam kunjungan Lansia Di posyandu lansia Di Desa Karanglo lor Kecamatan Sukerejo Kabupaten Ponorogo. KTI. Tidak diterbitkan ponorogo: Program studi D III Keperawatan Falkultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Erfandi. (2009). Pengetahuan Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Diunduh 17 Juli 2012. http://forbetterhealth.wordpress.com/2009/04/19/ pengetahuan-dan-faktor-faktor-yang-mempengaruhi.

Pudjiastuti, S. S., & Utomo, B. (2002). Fisioterapi Pada lansia (1st ed.). Buku Kedokteran EGC.




DOI: https://doi.org/10.32528/emp.v6i0.8357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats