PELATIHAN PENGGUNAAN TEKNIK PROPOMIMI SEBAGAI ALTERNATIF CARA MENGAJAR GURU DI SMKS AL AKHYAR BONDOWOSO

Fitriana Eka Chadra, Fury Styo Siskawati, Hikmatul Lutfiah

Abstract


Fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa pembelajaran masa kini sudah bukan lagi transfer pengetahuan oleh guru kepada siswa, pembelajaran yang semacam itu sudah tidak mampu lagi untuk menjangkau percepatan perubahan yang terjadi. Penumpukan pengangguran terdidik dan pembengkakan jumlah pengangur lulusan perguruan tinggi tidak lain adalah sebaga akibat ketidak sesuaian pembelajaran masa lalu dengan masa kini. Berawal dari pandangan tersebut maka dilakukanlah kegitan pengabdan kepada masayarakat dengan tujuan utama untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia yang ada. Kegiatan ini dilakukan di SMKs Al Akhyar Wonokusumo Bondowoso. Selanjutnya kegiatan pengabdian ini meliputi tahap persiapan, sosialisasi, praktek dan peutupan. Adapun hasil yang diperoleh yakni guru mulai mampu mengekplore segala yang ada di sekitarnya untuk mengajar dengan teknik PROPOMIMI, dengan saran yang dapat disampaikan yakni tidak perlu ada pembatasan terhadap kinerja guru untuk mengeksplore kreatifitasnya dimana akhirnya dapat menciptakan kejenuhan hingga membuat ketidakmaksimalan pencapaian.

Keywords


PROPOMIMI; pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Haryono. 2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 7 No. 1 Maret 2006. Hal. 1-10. http://blog.unnes.ac.id/fransharyono.

Haryono. 2017. Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Abad 21. SEMNAS Tekno Pendidikan http://blog.unnes.ac.id/fransharyono/wp- content/uploads/sites/2969/2017/07/TEKNOLOGI-PENDIDIKAN-DAN- PEMBELAJARAN-ABAD-21.pdf

Mukhadis, A. 2013. Sosok Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter dalam Bidang Teknologi Sebagai Tuntutan Hidup di Era Globalisasi http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1434

Schunk, D. H. 2012. Learning Theories: An Educational Pespective. (Alih Bahasa: Eva Hamidah, Rahmat Fajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijaya, E. Y, dkk. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 http://repository.unikama.ac.id/840/32/263- 278%20TRANSFORMASI%20PENDIDIKAN%20ABAD%2021%20SEBAGA I%20TUNTUTAN%20PENGEMBANGAN%20SUMBER%20DAYA%20MA NUSIA%20DI%20ERA%20GLOBAL.pdf




DOI: https://doi.org/10.32528/emp.v4i0.2805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats