OPTIMALISASI SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPIMGAN USAHA EKONOMI PRODUKTIF MENUJU PANTI YANG “MANDIRI”

Juli Astutik, Dyah Estu Kurniawati, Zaenal Abidin

Abstract


Program Pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan dan pendamapingan  usaha ekonomi produktif menuju panti yang “mandiri”. Optimalisasi sumber daya manusia merupakan hal yang urgen dalam pengembangan dan keberlanjutan sebuah lembaga social, mengingat kemandirian lembaga terletak pada kemampuan SDM nya. Kemandirian Panti merupakan tuntutan /keharusan dalam kaitannya dengan keberlangsungan hidup anak-anak dalam hal dukungan asuhan, kesehatan dan pendidikan yang berkelanjutan. Program ini dilakukan dengan menggunakan metode   pelatihan dan pendampingan pembuatan  “Roti” dengan berbagai  rasa dan varian. Dalam jangka panjang kegiatan ini dapat bernilai ekonomis yang dapat dijadikan sebagai sumber untuk meningkatkan pemasukan bagi Panti. Peserta program pengabdian ini adalah pengurus/pengasuh Panti dan anak-anak asuh Panti  tingkat SLTA, dengan pertimbangan pada usia ini anak-anak sudah mulai berfikir untuk masa depannya kelak. Adapun hasil dari program pengabdian ini adalah: 1). Mitra dapat membuat olahan “Roti dengan berbagai rasa dan varian” dengan merk dagang AY’s, 2). Mitra memiliki peralatan produksi sendiri dari hasil hibah program ini, 3). Mitra mampu memasarkan hasil produksinya baik secara lokal dengan membuka outlet sendiri maupun  melalui market pleace, 4). Program ini dapat dijadikan salah satu produk unggulan yang menjadi alternatif untuk mengembangkan usahannya menuju lembaga/Panti yang mandiri.

Keywords


optimalisasi; sumber daya manusia; usaha ekonomi produktif; lembaga yang mandiri

Full Text:

PDF

References


Alfianto, (2012), Sebuah Kajian Pengabdian Pada Masyarakat, Jurnal Heritage, P-ISSN : 2088-0626, E-ISSN : 2442-7365, Vil. 1 Nomor : 2, Tahun 2012.

Edi Rahardja, (2001), Optimalisasi Fungsi Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai Upaya Menciptakan Keunggulan Kompetitif Berkelanjutan, Jurnal Strategi Bisnis Vol. 6/Th. IV/2001

Pujileksono, S., Lendriyono. F. (2008). Kesejahteraan Anak : Masalah Kebijakan dan Pelayanan Sosial. Malang, UMM Press.

Robert. D.H., Michael P., Stepherd, D. A., (2008), Enterpreneurship Kewirausahaan, Edisi 7, Pen. Salemba Empat, Jakarta.

Soetomo, (2009), Pembangunan Masyarakat, Merangkai Sebuah Kerangka, Yogyakarta. Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.32528/emp.v5i0.4572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats