Pengembangan Deteksi Suhu Dan Kelembaban Laboratorium Elektronika Menggunakan Wemos Dengan Tampilan Website

Bahrun Niam, Qirom Qirom, Rafli Jaya

Abstract


Laboratorium elektronika merupakan tempat untuk praktikum matakuliah mahasiswa elektronika. Pada labratorium ini terdapat komponen-komponen eletkronika yang harus dijaga dari suhu dan kelembaban. Apabila suhu terlalu dingin dan kelembaban terlalu tinggi bisa mengakibatkan terjadinya korosi pada komponen-komponen elektronika, sehingga bisa mengakibatkan kerusakan.  Arduino adalah sebuah kit elektronik open source yang dirancang khusus untuk memudahkan setiap orang dalam mengembangkan perangkat elektronik yang dapat berinteraksi dengan bermacam sensor dan pengendali. Sistem deteksi suhu dan kelembaban udara ruang laboratrorium dengan menggunakan software dan hardware. Software yang digunakan adalah Ardiuno, PHP dan database MySql sedangkan hardwarenya yaitu power supply,  mikrokontroler D1 Mini, sensor DHT11 . Data suhu dan kelembaban yang di baca oleh sensor DHT11 akan di proses di mirokontroler D1 Mini dan data akan disimpan di MysQl. Data yang tersimpan di database MySql akan ditampilkan di websiter dalam tampilan dashboard. Tapilan website terdiri dari beberapa menu yaitu, login, dashboard, riwayat sensor, pengguna, perangkat sensor dan logout.

Keywords


Mikrokontroler; Suhu; Kelembaban; Website

References


Keputusan Mensti Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1405/Menkes/SK/XI/2002.

Sumarjono, Agus., 2018, Sistem Monitoring Dan Pengendalian Suhu Ruangan Di Laboratorium Dengan Menggunakan Labview Berbasis Arduino, Integrated Lab Journal Vol. 06, No. 02 PP 65-74

Arifin Bustanul, Agus Adhi Nugroho, 2018, Pengendalian Suhu Dalam Ruang Berbasis Logika Fuzzy Dengan Menggunakan National Instrument Myrio 1900. FMIPA UNIMUS 2018. ISBN : 978-602-5614-35-4.

Prayitno Edy, Noni Juliasari, Pipin Farida Ariyani, 2019, Monitoring Dan Pengontrolan Suhu Serta Kelembaban Penyimpanan Bahan Makanan Berbasis Web Dengan Metode Fuzzy Logic Controller. SINTAK. ISBN: 978-602-8557-20-7.

Aristiono Defri, Asti Riani Putri, 2019, Pengembangan Sistem Pengendalian Dan Monitoring Suhu Pada Ruang Inkubator Budidaya Lovebird Berbasis Fuzzy Logic. JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology). Vol. 03 No. 02, pp 141 – 149.

Abdullah Rossy Rosdian, Agung Wibowo, 2014, Monitoring Suhu Ruangan Server Dengan Fuzzy Logic Metode Sugeno Menggunakan Arduino Dan SMS. SWABUMI VOL I No. 1.

Ismawati Dini, Dahnial Syauqy, Barlian Henryranu Prasetio, 2017, Perbandingan Jumlah Membership Dan Model Fuzzy Terhadap Perubahan Suhu Pada Inkubator Penetas Telur. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 1 No. 6 pp 476-485




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v5i2.9867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Status                                                                       Indexing Service

                              

UNMUH

   Publisher :
   UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
   Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java
   Website : www.unmuhjember.ac.id
   Email : kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Editorial Address :
Electrical Engineering
Faculty of Engineering
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java